Ilustrasi
Ilustrasi ( PEXELS/PIXABAY)

Yuk Atasi Masalah Berat Badan yang Naik Setelah Lebaran, Menurut Ahli!

28 April 2023 13:43 WIB

SonoraBangka.id - Pasca libur Lebaran 2023 ini, apakah berat badan kamu jadi naik?

Ada banyak penyebab mengapa berat badan naik pasca libur Lebaran 2023, salah satunya karena konsumsi makanan yang tidak terkontrol.

Pada dasarnya, berat badan naik setelah Lebaran disebabkan karena perubahan pola makan yang drastis.

Hal ini disampaikan oleh dr. Nurul Ratna Mutu Manikam, M. Gizi, Sp.GK yang juga merupakan Ketua Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Indonesia.

Momen Lebaran kerap digunakan sebagai momen balas dendam setelah berpuasa selama sebulan.

Pada saat ini, kamu akan mengonsumsi berbagai jenis makanan, seperti lontong, opor ayam, sambal goreng, hingga berbagai macam kue kering.

"Karena asupannya banyak, makan sudah tidak lagi dibatasi, dan yang utama adalah karena kita tidak mengubah gaya hidup dalam jangka waktu lama," ucap Nurul seperti dilansir dari Kompas.com.

Ia juga mengatakan bahwa, sepanjang puasa seseorang berhasil menahan atau mengendalikan diri dari hawa nafsu, termasuk dengan tidak gelap mata saat mengonsumsi makanan.

Namun begitu ketika Ramadan berlalu, mereka tidak bisa mengontrol diri dan cenderung mengonsumsi makanan tanpa terkendali.

Di sisi lain, Nurul menyarankan untuk melakukan beberapa hal ini agar berat badan tetap stabil pasca Lebaran.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm