ilustrasi sayuran.(iStockPhoto/Floortje)
ilustrasi sayuran.(iStockPhoto/Floortje) ( KOMPAS.COM)

5 Sayuran yang Aman Untuk Dikonsumsi Penderita Asam Lambung, Apa Saja?

8 Mei 2023 16:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Asam lambung adalah kondisi di mana Anda merasakan mulas akibat kandungan asam lambung naik hingga ke kerongkongan.

Mulas adalah gejala umum dari asam lambung dan GERD. Anda mungkin merasakan sensasi terbakar di perut atau dada setelah mengonsumsi makanan tertentu.

Banyak orang yang menderita asam lambung menemukan bahwa makanan tertentu memicu gejalanya. Walau demikian, faktor pemicu kondisi tersebut berbeda-beda bagi setiap orang.

Sebagian bisa mengalami asam lambung karena mengonsumsi makanan pedas dan berlemak, sebagian lain justru karena mengonsumsi buah dan sayuran tertentu.

Dikutip dari Healthline, buah dan sayuran penting dalam menunjang pola makan sehat. Tetapi beberapa di antaranya dapat menyebabkan atau memperburuk gejala asam lambung.

Terutama buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan asam yang tinggi, seperti:

  • Jeruk atau jeruk limau
  • Lemon dan jeruk nipis
  • Nanas
  • Cabai, tomat, saus tomat atau makanan olahannya

Lantas, adakah buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung?

Tentu saja, sebagaimana dilansir NDTV Food, beberapa buah dengan kandungan asam rendah sangat aman dikonsumsi penderita asam lambung.

Beberapa di antaranya seperti pisang, pepaya, semangka, apel, hingga buah persik. Bagaimana dengan sayuran?

Sayuran yang aman untuk asam lambung

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm