Parfum kisi-kisi mobil(Dicky Aditya Wijaya)
Parfum kisi-kisi mobil(Dicky Aditya Wijaya) ( KOMPAS.COM)

4 Cara Menjaga Kabin Mobil supaya Tidak Bau Apak, Jangan Pakai Parfum

11 Mei 2023 21:04 WIB

SONORABANGKA.ID - Permasalahan kabin bau dan pengap bisa jadi kendala yang sangat memusingkan pengguna mobil. Aroma tak sedap yang berkumpul bisa menempel di permukaan jok dan akan sulit hilang.

Anthony Setiadi, Direktur Utama PT Tri Chemindo Ampuh (TCA), menjelaskan, ada beberapa hal yang bisa memunculkan bau tidak sedap di kabin mobil. Jadi, sudah sewajarnya hal-hal tersebut harus dihindari supaya kesegaran bisa terjaga.

1. Hindari membawa makanan panas ke dalam mobil

Satu kebiasaan yang mungkin cukup sering dilakukan pengguna adalah membawa makanan ke dalam kabin. Ternyata, ini adalah faktor utama yang bisa memicu aroma tak sedap.

“Biasanya ibu-ibu yang hendak mengantar anak, sekalian membawa makanan panas. Nah, uap panas dan aroma masakan ini bisa mengendap di jok,” ujarnya kepada Kompas.com, Rabu (10/5/2023).

Menurut dia, makanan tidak harus basi untuk menimbulkan bau. Bau apak pun bisa muncul dari hawa panas dan sisa-sisa aroma yang tertinggal.

2. Pakai parfum mobil yang baik

Faktor kedua penyebab mobil bau apak mungkin cukup kontradiktif, yakni karena penggunaan parfum mobil.

Kalau parfum memiliki kualitas kurang baik dan hanya mengandalkan alkohol serta pewangi, kandungan itu bisa terpecah menjadi asetat alias cuka.

“Kalau parfum murah, biasanya hanya mengandalkan alkohol saja dan tidak menggunakan pentrstabil, nantinya dia bisa teroksidasi menjadi asetat alias cuka, itu yang bermasalah,” ucap Anthony.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm