AMDK galon bening dari plastik jenis polyethylene.
AMDK galon bening dari plastik jenis polyethylene. ( Dok. Shutterstock)

Demi Kesehatan Jangka Panjang, Industri AMDK Perlahan Beralih ke Kemasan PET

12 Mei 2023 15:00 WIB

SonoraBangka.ID - Lansekap bisnis Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) bakal berubah drastis bila market leader industri jadi menerapkan rencana pengenalan galon guna ulang berbahan Polietilena Tereftalat (PET), atau jenis kemasan plastik yang aman untuk kesehatan.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Produsen Air Minum Kemasan Nasional (Asparminas), Eko Susilo mengatakan, beberapa industri AMDK saat ini tengah mempersiapkan instalasi mesin produksi galon yang bisa mendukung rencana shifting dari galon polikarbonat yang berisiko BPA ke galon PET yang lebih aman.

"Bila hal tersebut mewujud, tentunya akan banyak mengubah lansekap industri mengingat mayoritas peredaran galon guna ulang polikarbonat ada di wilayah Jakarta dan sekitarnya," kata Eko.

Eko mengungkapkan, Bisfenol A atau BPA merupakan senyawa kimia yang dapat memicu kanker, gangguan hormonal dan kesuburan pada pria dan wanita, serta gangguan tumbuh kembang janin dan anak.

Senyawa tersebut diketahui mudah luruh dari kemasan galon dan rawan terminum oleh konsumen hingga ke level yang melebihi ambang batas aman. Dengan risiko itu, maka inisiatif pelabelan risiko BPA penting dilakukan untuk mengantisipasi dampak kesehatan publik di masa datang.

Eko mengatakan galon guna ulang berbahan PET yang mulai diedarkan di Manado mudah dikenali dari fisik galon yang terlihat lebih bening dan segar. Sementara kemasan berbahan polikarbonat mudah dari tampilan fisiknya terlihat keruh dan buram.

"Saat ini, sekitar 80 persen galon yang beredar di area Manado adalah galon dengan kemasan PET," lanjutnya.

Tak hanya Manado, penggantian galon polikarbonat juga dilakukan di Bali. Dia menyebut peredaran galon guna ulang berbahan PET di wilayah Bali telah mencapai lebih dari 80 persen. Eko memperkirakan pasar galon PET bakal bertumbuh seiring upaya inovasi dan pelabelan kemasan yang bebas BPA.

“Kemasan PET dalam beragam ukuran tersebut lebih ramah lingkungan karena plastik PET lebih mudah didaur ulang dan bernilai ekonomis tinggi,” tegas Eko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Demi Kesehatan Jangka Panjang, Industri AMDK Perlahan Beralih ke Kemasan PET", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/05/12/123000126/demi-kesehatan-jangka-panjang-industri-amdk-perlahan-beralih-ke-kemasan-pet.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm