Pembangunan proyek jalan tol akses IKN segmen 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang atau jalan tol Pulau Balang di IKN. Nantinya jalan tol ini akan punya akses satwa.
Pembangunan proyek jalan tol akses IKN segmen 5A Sp. Tempadung-Jembatan Pulau Balang atau jalan tol Pulau Balang di IKN. Nantinya jalan tol ini akan punya akses satwa. ( KOMPAS.com)

Tol Pulau Balang di IKN Akan Dilengkapi Jalur Khusus Satwa

19 Mei 2023 14:36 WIB

SonoraBangka.ID - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) terus memastikan usaha konservasi alam termasuk pelestarian satwa yang ada di Ibu Kota Nusantara maupun area sekitarnya. Di sana nantinya dibangun koridor satwa di Jalan Tol Pulau Balang (Segmen Tol 3B dan 5A).

Sehubungan dengan rencana tersebut, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam (LHSDA) Otorita IKN, Myrna Asnawati Safitri menuturkan, dalam rangka mewujudkan Kota Hutan di IKN, Otorita berkomitmen untuk membuat kebijakan yang melindungi satwa.

"Untuk mewujudkan usaha pelestarian satwa liar tersebut diperlukan rencana atau desain koridor satwa yang baik dan sesuai dengan perilaku satwa liar yang ada," ujarnya dalam Rapat Pembahasan Lanjutan Rencana atau Desain Koridor Satwa, di Jakarta, dikutip dari siaran pers IKN, Jumat (19/5/2023).

Maka dari itu, dia mengundang berbagai instansi seperti Kementerian PUPR, Kementerian LHK, BRIN, WWF, ADB, dan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur untuk berkoordinasi serta mendapatkan masukan terkait rencana koridor satwa yang telah dirancang.

Jalan Tol Pulau Balang berada di selatan IKN dan melintasi empat koridor satwa sekitar area Sungai Wain. Nantinya jalan tol ini akan menjadi jalur penghubung antara IKN, Balikpapan, serta Pusat Industri Kariangau.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Keterpaduan Pembangunan Infrastruktur Jalan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Kementerian PUPR Purnyoto mengatakan, perlu adanya masukan atau kerja sama dari para ahli dalam pembuatan koridor satwa yang diharapkan dapat menjadi jalur bagi satwa liar.

Berbagai pihak yang hadir dalam rapat ini telah menyampaikan masukan yang bermakna bagi pengembangan desain koridor satwa di Jalan Tol Pulau Balang Segmen 3B dan 5A.

Dua proyek jalan tol di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, resmi dikerjakan menyusul penandatanganan 19 paket kontrak pembangunan infrastruktur, pada 29 Agustus 2022.

Kedua proyek tersebut adalah Jalan Tol IKN Segmen KKT Kariangau-Simpang Tempadung yang digarap KSO PT Wika (Persero) Tbk-PT PP (Persero) Tbk-Jaya Konstruksi senilai Rp 1,9 triliun, dan Jalan Tol IKN Segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang yang dikerjakan KSO PT Waskita Karya (Persero) Tbk-PT Nindya Karya-Modern senilai Rp 2,2 triliun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tol Pulau Balang di IKN Bakal Punya Jalur Khusus Satwa", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/05/19/120000626/tol-pulau-balang-di-ikn-bakal-punya-jalur-khusus-satwa.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm