Cara aman minum kopi untuk penderita asam lambung.(Shutterstock/Rabbitmindphoto)
Cara aman minum kopi untuk penderita asam lambung.(Shutterstock/Rabbitmindphoto) ( KOMPAS.COM)

Cara Aman Untuk Minum Kopi bagi Penderita Asam Lambung

21 Mei 2023 19:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum kopi bisa menyebabkan berbagai masalah pencernaan, seperti mulas, kembung, dan asam lambung naik.

Dilansir dari Healthline, kafein adalah kandungan utama dalam teh dan kopi yang telah diidentifikasikan sebagai salah satu faktor yang dapat memicu mulas pada orang-orang yang memiliki asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Hal ini karena kafein dapat mengendurkan atau melemahkan lower esophageal sphincter (LES) sehingga bisa memicu kekambuhan GERD.

Kendati demikian, beberapa peneltian menemukan bahwa gejala asam lambung dan GERD akibat dari minum kopi mungkin saja disebabkan karena komponen lain selain kafein.

Pengaruh kopi pada penderita asam lambung

Dikutip dari Verywell Health, kopi mengandung beberapa jenis asam, tapi tidak banyak penelitian yang menunjukkan bahwa asam tersebut yang menyebabkan perut seseorang menjadi sakit atau mulas.

Untuk memahami bagaimana asam dalam kopi memengaruhi tubuh, maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana asam diukur.

Dalam istilah ilmiah, asam diukur pada skala pH. Semakin rendah pH, maka semakin asam pula minuman tersebut. Selain itu, berbagai jenis kopi juga memiliki tingkat keasaman yang berbeda.

Menurut beberapa penelitian, kopi hot brew memiliki jumlah asam yang lebih tinggi daripada kopi cold brew.

Selain itu, varietas kopi tertentu juga secara alami kurang asam. Perbedaannya bisa jadi karena mereka tumbuh di ketinggian yang lebih rendah atau dikeringkan secara berbeda.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm