Ilustrasi CPU ARM terbaru
Ilustrasi CPU ARM terbaru ( ARM)

ARM Rilis 3 CPU Cortex Baru untuk Chipset Terbaru Mediatek

1 Juni 2023 18:50 WIB

SonoraBangka.ID - Perusahaan semikonduktor ARM resmi meluncurkan sejumlah model prosesor (CPUmobile terbarunya pekan ini, di sela ajang pameran teknologi Computex 2023 di Taiwan.

Ada tiga CPU yang diumumkan ARM, yaitu Cortex-X4Cortex-A720, dan Cortex-A520, di mana ketiganya akan dipasang untuk chipset flagship baru bikinan Mediatek.

Seperti namanya, ketiga CPU ini, yang bakal bisa bekerja bersamaan, merupakan suksesor dari Cortex-X3, Cortex-A715, dan Cortex-A510 yang diperkenalkan sekitar pertengahan tahun lalu. 

Meski namanya berbeda, ketiga prosesor mobile ARM generasi terbaru ini, yang semuanya memiliki arsitektur 64-bit, memiliki tugas yang sama seperti generasi sebelumnya, namun lebih bertenaga dan tetap hemat daya. 

CPU Cortex-A4 ditujukan untuk menangani beban kinerja ponsel yang sangat memakan tenaga, dengan kecepatan clock yang disinyalir bisa mencapai 3,4 GHz, tertinggi dari CPU buatan ARM selama ini.

Performa CPU ini diklaim 15 persen lebih mumpuni dari Cortex-A3 dengan konsumsi daya yang sama. 

Kemudian CPU Cortex-720 merupakan prosesor untuk menjalankan berbagai proses yang tak begitu menguras sistem ponsel. ARM mengeklaim CPU ini 20 persen lebih efisien dibanding Cortex-A715. 

Sementara itu, CPU Cortex-A520 merupakan prosesor untuk menangani berbagai proses atau aplikasi yang berjalan di belakang (background) sistem ponsel untuk menghemat daya. CPU ini diklaim 22 persen lebih efisien dari Cortex-A510. 

Nantinya, ketiga CPU ini bisa dikombinasikan dalam satu chipset dengan bantuan DSU-120 (DynamIQ Shared Unit), sebuah teknologi yang memungkinkan chipset memakai sekaligus memanfaatkan tenaga dari sejumlah prosesor dengan jenis yang berbeda.

Adapun konfigurasi CPU yang diadopsi vendor chipset kemungkinan masih akan mengadopsi delapan inti (core) CPU, namun dengan konfigurasi 1+5+2, alih-alih 1+3+4. 

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm