Ilustrasi logo Pertamina.
Ilustrasi logo Pertamina. ( SHUTTERSTOCK)

Kurangi Impor Produk Petrokimia, Pertamina Mulai Produksi Orthoxylene

28 Juni 2023 09:11 WIB

SonoraBangka.ID - PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Trans-Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) mulai memproduksi orthoxylene pada fasilitas kilang di Tuban, Jawa Timur.

Orthoxylene adalah produk derivarif petrokimia yang dinilai memiliki prospek keuntungan dan keberlanjutan cukup menjanjikan.

Produk orthoxylene merupakan salah satu valuable produk dari unit 211 aromatic fraksionasi tanpa mengurangi produk Paraxylene dan memiliki valuable sama dan sustainable produk dengan demand 30.000-40.000 mton per tahun pada tahap 1.

Direktur Operasi PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Didik Bahagia mengatakan, pemenuhan produksi orthoxylene di dalam negeri dilakukan guna memenuhi arahan Kementerian Perindustrian agar fokus pada pengembangan portofolio produk petrokimia.

“Ini adalah komitmen PT Kilang Pertamina Internasional dan PT Pertamina Patra Niaga sebagai bagian dari entitas bisnis Pertamina untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan industri dalam negeri dan mengurangi impor," ujar Didik dalam keterangannya, Selasa (27/6/2023).

Ia menuturkan, KPI sebagai subholding Refining & Petrochemical Pertamina, memegang peran krusial dalam perkembangan industri petrokimia hilir di domestik. Hal ini didukung kepemilikan Pertamina terhadap kilang pengolahan minyak bumi.

Selain itu, sebagai sentral dalam penghasil bahan baku industri petrokimia, Pertamina juga dapat menjadi lokomotif ekonomi nasional yang memberikan dampak besar dalam perekonomian Indonesia.

Oleh karena itu, kemampuan memproduksi produk petrokimia menjadi salah satu strategi adaptif yang diperlukan untuk mendukung Pertamina menjadi pemain global yang siap bersaing menghadapi tantangan bisnis masa kini.

"Seperti kemampuan dalam memproduksi berbagai valuable products seperti halnya Orthoxylene, Smooth Fluid, Breezone, BTX, Propylene dan sebagainya,” imbuh dia.

Pertamina meyakini, melalui berbagai inisiatif yang dilakukan tersebut, maka akan meningkatkan fleksibilitas perusahaan ke depan dalam memilih dan memproduksi produk yang dapat memberikan nilai terbaik bagi perusahaan pada periode tertentu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm