Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah), Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril (kiri) dan Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PLN Haryanto W.S (kanan) berbincang di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging, Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). SPKLU Ultra Fast Charging 200 kW pertama di Indonesia yang disiapkan untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 itu mampu mengisi penuh baterai kendaraan listrik berkapasitas 80kWh hanya dalam waktu 30 menit.(ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF)
Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo (tengah), Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril (kiri) dan Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura dan Bali PLN Haryanto W.S (kanan) berbincang di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) Ultra Fast Charging, Central Parking Nusa Dua, Badung, Bali, Jumat (25/3/2022). SPKLU Ultra Fast Charging 200 kW pertama di Indonesia yang disiapkan untuk penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 itu mampu mengisi penuh baterai kendaraan listrik berkapasitas 80kWh hanya dalam waktu 30 menit.(ANTARA FOTO/FIKRI YUSUF) ( KOMPAS.COM)

Erick Thohir Ajak PLN dan IBC Untuk Gandeng China Kembangkan Baterai EV

5 Juli 2023 21:51 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara RI (BUMN) Erick Thohir mengajak PT PLN (Persero) dan Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk menggandeng Fulcrum Consortium untuk mengembangkan teknologi baterai kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Langkah strategis bersama salah satu perusahaan energi asal China itu diungkapkannya usai melakukan kunjungan kerja Erick ke Hong Kong guna mengawal kerja sama yang dilakukan IBC bersama Fulctrum pada Selasa (4/7/2023).

Menurut dia, kerja sama di tingkat global ini sangat berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia seraya membangun landasan yang kokoh bagi perusahaan domestik di masa depan.

"Selama bertahun-tahun kita telah menyaksikan kemajuan dan pencapaian yang luar biasa dari pasar domestik dan internasional kita," ujar Erick dalam keterangannya, Selasa.

"Pencapaian yang luar biasa ini dapat dilihat dari konsolidasi net profit dan State Owned Enterprises (SOE) Indonesia yang terus meningkat," lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti menyampaikan PLN akan mendampingi IBC untuk menjalin kemitraan dengan Fulcrum terkait pengembangan teknologi baterai kendaraan listrik.

Kolaborasi ini merupakan langkah strategis untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

"Mereka sudah punya teknologinya, khususnya untuk memproduksi baterai kendaraan listrik. Jadi, dari partnership ini kita bisa kembangkan teknologinya," kata dia.

Melalui kolaborasi dengan Fulcrum, IBC diharapkan dapat berkembang dan menjadi perusahaan baterai kelas dunia, sehingga potensi Indonesia sebagai negara yang memiliki mayoritas bahan baku baterai kendaraan listrik, bisa dimaksimalkan.

Sementara itu, Direktur Utama IBC Toto Nugroho menambahkan, kemitraan IBC dengan Fulcrum tidak hanya strategis dari sisi teknologi, tetapi juga penataan bisnis kendaraan listrik.

Lewat kolaborasi ini akan terbuka banyak kesempatan investasi dalam rantai bisnis energi, khususnya kendaraan listrik.

"Ini membuka peluang besar kita untuk mengeksplo sumber daya baterai yang mayoritasnya Indonesia punya. Kemitraan ini sangat strategis karena kita membutuhkan kolaborasi di bidang teknologi dan China telah mengembangkannya selama bertahun-tahun," kata Toto.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Ajak PLN dan IBC Gandeng China Kembangkan Baterai EV", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/05/192100715/erick-thohir-ajak-pln-dan-ibc-gandeng-china-kembangkan-baterai-ev.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm