Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bangka Belitung, Beliadi.
Anggota Komisi I DPRD Provinsi Bangka Belitung, Beliadi. ( )

Hak Masyarakat, Wakil Ketua DPRD Babel Dukung Aksi Warga Membalong Minta 20 Persen Lahan Plasma

11 Juli 2023 07:57 WIB

SonoraBangka.id - Masyarakat dari lima desa di Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung yang terkena area perkebunan sawit dari PT Foresta Lestari Dwikarya, melakukan aksi unjuk rasa, pada Senin (10/7/2023) di Kantor Bupati Belitung.

Para pendemo, menuntut 20 persen lahan plasma untuk masyarakat di luar Hak Guna Usaha (HGU) perusahaan. 

Mereka, menemui Bupati Kabupaten Belitung, Sahani Saleh, untuk dapat memperjuangkan tuntunan masyarakat tersebut.

Terkait aksi tersebut, juga didukung oleh Wakil Ketua DPRD Bangka BelitungBeliadi.

Ia mengatakan, mendukung penuh terkait tuntutan masyarakat tersebut.

"Demo masyarakat jika terkait hal itu saya pribadi dukung penuh. Kerena itu memang hak masyarakat dan kewajiban perusahaan," kata Beliadi kepada Bangkapos.com, Senin (10/7/2023).

Politikus Gerindra ini, menambahkan terkait tuntutan 20 persen lahan plasma untuk masyarakat menurutnya merupakan kewajiban dari perusahaan.

"Plasma 20 persen itu bukan masalah mau tidak mau perusahaan. Tapi itu kewajiban, ada di peraturan menteri dan di peraturan gubernur kalau perusahaan tidak mau laksanakan, izin mereka sah untuk dicabut," jelasnya.

Lebih jauh, dikatakan Beliadi, persoalan ini sebelumnya juga telah dibahas anggota DPRD Babel pada rapat Badan Musyawarah (Banmus) dengan beberapa OPD di Provinsi Babel, belum lama ini. 

Membahas sejumlah masalah-masalah aktual yang saat ini terjadi di masyarakat.

Dirinya, telah meminta Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemprov Bangka Belitung melakukan koordinasi dan kolaborasi tentang beberapa hal untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut.

"Pertama berkaitan dengan ada perusahaan sawit yang HGU atas perkebunan sawit telah diperpanjang izinnya. Sedangkan kewajiban atas perpanjangan izin belum ada. Kemudian penetapan lahan di luar HGU untuk dapat dipelajari lebih lanjut," ungkap Beliadi.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Wakil Ketua DPRD Babel Dukung Aksi Warga Membalong Minta 20 Persen Lahan Plasma, Itu Hak Masyarakat, https://bangka.tribunnews.com/2023/07/10/wakil-ketua-dprd-babel-dukung-aksi-warga-membalong-minta-20-persen-lahan-plasma-itu-hak-masyarakat.

SumberBangka.tribunnews.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm