Ilustrasi salmon beku.
Ilustrasi salmon beku. ( SHUTTERSTOCK/VICHAILAO)

Tahan Hingga Sebulan, Berikut 3 Cara Menyimpan Salmon Fillet

19 Juli 2023 15:44 WIB

SonoraBangka.id - Memasak salmon terbilang praktis. Kamu tak perlu banyak bumbu untuk mengolahnya. Chef Tsukuma Coffee Bar & Izakaya, Ari Kriswanto mengatakan, salmon yang digunakan untuk memasak sebaiknya masih dalam kondisi segar. Jadi, menurutnya, lebih baik membeli salmon dalam jumlah cukup alias tak berlebih. Namun, kamu masih bisa menyimpan salmon filet hingga satu bulan dengan cara berikut ini.

1. Simpan salmon filet dalam kondisi kering

Jangan beri air ke dalam wadah penyimpan salmon. Ari mengatakan, hal ini bertujuan untuk menjaga kesegaran salmon. "Cara menyimpan salmon ketika sudah difilet harus di-towel dulu supaya airnya berkurang," kata Ari saat dihubungi Kompas.com, Senin (10/7/2023). Usap salmon perlahan dengan handuk kering hingga bersih dan kandungan airnya tidak terlalu banyak sebelum disimpan.

2. Bungkus salmon dengan plastik  wrap

Salmon harus disimpan dalam kondisi tertutup. Jauh dari udara dan aroma bahan makanan lainnya agar tidak terkontaminasi. "Lebih bagus, salmonnya dibungkus atau wrapping supaya gak ada angin masuk karena kendala freezer di rumah kan biasanya bercampur dengan bahan lain," jelas Ari.

3. Bekukan salmon

Salmon filet bisa disimpan paling lama satu bulan. Kamu juga bisa menyimpannya seminggu bila ingin menggunakannya dalam waktu cepat. Simpan salmon filet di kulkas hingga satu minggu atau bekukan di freezer maksimal satu bulan. "Ketika mau pakai salmon beku, dicairkan dulu dengan menaruhnya di kulkas. Besoknya baru dimasak," ujar Ari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Simpan Salmon Fillet, Tahan hingga Sebulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/07/13/141000075/3-cara-simpan-salmon-fillet-tahan-hingga-sebulan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm