Sebuah motor listrik konversi berada di bengkel konversi Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE Kementerian ESDM(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Sebuah motor listrik konversi berada di bengkel konversi Balai Besar Survei dan Pengujian KEBTKE Kementerian ESDM(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Menggunakan Sewa Baterai, ESDM Klaim Biaya Konversi Motor Listrik Rp 2 Juta

31 Juli 2023 20:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah tengah mendorong program konversi motor listrik melalui terobosan kebijakan baru, dengan menawarkan konsep sewa baterai yang mampu memangkas biaya konversi.

Senda Hurmuzan Kanam, Kepala Balai Besar Survei dan Pengujian Ketenagalistrikan, Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (BBSP KEBTKE), mengatakan, nantinya skema sewa baterai ini akan memotong biaya konversi hingga Rp 8 juta.

Seperti diketahui, dengan adanya program bantuan Pemerintah sebelumnya sebesar Rp 7 juta, diperkirakan masyarakat cukup membayar kurang lebih Rp 2 juta untuk mengonversi motor BBM ke motor listrik.

Menurut Senda, dengan ada fasilitas baterai swap atau penukaran baterai, masyarakat tidak perlu bayar sampai Rp 8 juta lagi. Saat ini fasilitas tersebut diklaim sudah tersedia di Bali.

"Dari Rp 15 juta biaya konversi itu Rp 7 juta sudah dapat bantuan pemerintah, sisanya yang Rp 8 juta itu kan komponen terbesarnya itu adalah baterai, sekitar Rp 7 juta sampai Rp 8 juta,” ujar Senda, dalam keterangan resmi (30/7/2023).

"Mungkin Rp 1 juta sampai Rp 2 juta saja selisihnya karena baterainya sudah disediakan melalui swap oleh bengkel yang bekerja sama dengan operator swap baterai," kata dia.

Senda juga mengatakan, perkiraan biaya untuk sewa baterainya sekitar Rp 300.000 per bulan atau Rp 10.000 per hari, jadi masyarakat bisa menukar tanpa harus bayar listriknya.

Sementara itu, Angga selaku perwakilan Electric Wheel yang merupakan salah satu penyedia fasilitas baterai swap, mengatakan bahwa saat ini di Bali sudah ada 22 operator baterai merk swap.id dan Oyka, di antaranya Alfamart, Coco Mart, Plaza Renon, dan Circle K.

"Kalau swap.id sudah ada 100 di Circle K tapi masih area sarbagita, kalau OIKA udah mau ada 40 sarbagita bahkan sampai ke Buleleng,” ucap Angga, pada kesempatan yang sama.

“Jadi kalau teman-teman di Bali Kalau mau pulang kampung ke Buleleng lengkung ke Bangli ke Tabanan aman karena tidak ada penurunan baterai jadi jarak tempuhnya enggak terbatas," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pakai Sewa Baterai, ESDM Klaim Biaya Konversi Motor Listrik Rp 2 Juta", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/07/31/082200915/pakai-sewa-baterai-esdm-klaim-biaya-konversi-motor-listrik-rp-2-juta.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm