Tim ikan bandeng.
Tim ikan bandeng. ( Dok. Sajian Sedap)

Dagingnya Lembut Dan Rasanya Khas, Berikut 10 Cara Masak Ikan Bandeng

2 Agustus 2023 21:49 WIB

SonoraBangka.id -  Ada cara memasak ikan bandeng yang hasilnya daging lembut dan rasanya khas. Salah satu bahan masakan populer dari bandeng adalah otak-otak atau bandeng presto. Kamu bisa mengolahnya dengan berbagai cara, salah satunya dengan mempersiapkan ikan bandeng dengan benar agar bau amisnya bisa hilang. Dilansir dari beberapa sumber, simak tips memasak ikan bandeng berikut ini. 

1. Cara pilih ikan bandeng yang segar

Dilansir dari buku "Petunjuk Praktis Membuat Bandeng Presto" (2007) karya Neni Suhaeni terbitan Penerbit Nuansa Cendekia, ada beberapa cara memilih ikan bandeng segar yaitu lihat dari tampilan warna tubuhnya. Jika tubuh bandeng cerah dan mengilap, itu tandanya bandeng segar. Namun, jika bandeng berwarna kusam berarti bandeng dalam keadaan sudah tidak segar.

2. Lihat bandeng dari kornea matanya

Kamu juga bisa melihat mata ikan bandeng saat akan membelinya. Ciri mata bandeng yang segar adalah cembung, korneanya bening transparan dan pupil tidak berdarah.

3. Sentuh bagian perut

Jangan ragu untuk menyentuh bagian perutnya, pastikan perut bandeng dalam keadaan kencang dan kuat. Pastikan juga tidak adanya lubang di bagian perut.

4. Bersihkan bandeng dengan es batu

Masih dalam buku yang sama, cuci bandeng dengan air bersih yang dingin. Es batu berguna untuk menjaga kesegaran bandeng agar tetap segar.

5. Buang insang dan isi perut

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm