Ilustrasi cara mengurangi sifat egois.(iStockphoto/Khosrork)
Ilustrasi cara mengurangi sifat egois.(iStockphoto/Khosrork) ( KOMPAS.COM)

9 Ciri Sifat Egois Serta Cara Sederhana untuk Mengatasinya

13 Agustus 2023 20:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Orang yang memiliki sifat Egois cenderung memiliki pola tindakan yang mementingkan diri sendiri tanpa memperhatikan dampaknya kepada orang lain.

Kadang-kadang, bisa cukup melelahkan dan menyakitkan ketika menjalin hubungan dengan orang egois yang tampaknya tidak peduli dengan Anda dan orang lainnya.

Banyak faktor yang berbeda dapat menyebabkan orang berperilaku egois, misalnya faktor budaya atau lingkungan, genetika dan neurobiologi, serta gangguan kepribadian.

Apa itu sifat egois?

Dilansir dari laman Psych Central, keegoisan dapat didefinisikan sebagai sifat yang membuat orang sering bertindak demi kepentingan mereka sendiri.

Hal itu cenderung tanpa memperhatikan bagaimana tindakan mereka dapat berdampak pada orang lain.

Dalam kamus American Psychological Association, "keegoisan" didefinisikan sebagai kecenderungan untuk bertindak berlebihan atau semata-mata dengan cara yang menguntungkan diri sendiri, bahkan jika orang lain dirugikan.

Beberapa tanda orang yang egois antara lain:

1. Tidak memperhatikan bagaimana perilaku mereka berdampak pada orang lain

2. Secara konsisten bertindak untuk kepentingan diri sendiri

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm