Ilustrasi opor ayam pedas dengan kuah kental yang kaya bumbu.
Ilustrasi opor ayam pedas dengan kuah kental yang kaya bumbu. ( DOK.SHUTTERSTOCK/yohanes_setiyanto)

Kuahnya Kental dan Kaya Rasa, Berikut Cara Membuat Opor Ayam Pedas

23 Agustus 2023 14:34 WIB

SonoraBangka.id - Bosan dengan menu opor ayam putih atau kuning? Kamu bisa ikuti resep opor ayam pedas dengan kuah merah pekat dan kental.  Masakan berkuah santan yang kental ini menggunakan sedikitnya enam buah cabai yang dimasak dengan rempah lainnya. Ada dua jenis santan yang dipakai, seperti santan encer dan santan kental. Nantinya, santan encer dimasak hingga kering dan meresap. Setelah itu, santan kental dituang dengan tumisan bumbu yang harum. Selengkapnya, ikuti resep lontong opor ayam dari buku "30 Menu 2 Hidangan - Masakan Jawa Tengah" (2013) oleh Dewi Untari terbitan Gramedia Pustaka Utama.

Resep opor ayam pedas

Bahan

Lontong secukupnya

Bahan opor ayam

1 ekor ayam, potong sesuai selera

1 liter santan encer

500 ml santan kental

1 batang serai, memarkan

2 lembar daun salam

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm