Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin
Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin ( KOMPAS.com)

Imbas Polusi Udara, Menkes Sebut Klaim BPJS Kesehatan Akan Semakin Tinggi

24 Agustus 2023 18:12 WIB

SonoraBangka.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat, jumlah penderita penyakit pernapasan di Jakarta terus meningkat, imbas dari permasalahan polusi udara. Hal ini kemudian berpotensi meningkatkan klaim BPJS Kesehatan.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, jumlah pengidap penyakit pernapasan di Jakarta sebelum 2020 atau pandemi Covid-19 mencapai 50.000 orang. Jumlah tersebut terus meningkat seiring waktu. Saat ini jumlahnya mencapai sekitar 200.000.

"Itu ada akibatnya polusi udara," kata dia, di Hotel Mulia, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Lebih lanjut Budi menyebutkan, sejumlah penyakit terkait pernapasan menjadi jenis penyakit yang paling banyak ditanggung oleh BPJS Kesehatan. Penyakit-penyakit yang dimaksud antara lain kanker paru-paru, tuberculosis, paru kronis, asma, hingga pneumonia.

"Jadi pati karena tahun ini lebih banyak, maka semakin tinggi (klaim BPJS Kesehatan)," ujar Budi.

Sebagai informasi, data BPJS Kesehatan menunjukan selama periode 2018-2022, anggaran yang ditanggung untuk penyakit respirasi mencapai angka signifikan dan cenderung meningkat tiap tahun. Pneumonia menelan biaya sebesar Rp 8,7 triliun, tuberkulosis Rp 5,2 triliun, PPOK Rp 1,8 triliun, asma Rp 1,4 triliun, dan kanker paru Rp 766 miliar.

Tingginya klaim tersebut juga berkaitan dengan permasalahan polusi udara. Pasalnya, Budi sempat menyampaikan, polusi udara menyumbang sekitar 15-30 persen dari empat faktor risiko penyakit paru yang ada.

"Ada 4 faktor risiko penyakit paru yang pertama adalah polusi udara, riwayat merokok, infeksi berulang, dan genetik, di mana polusi udara menyumbang 15-30 persen," kata Budi Gunadi dalam siaran pers, Rabu (5/4/2023).

Adapun permasalahan polusi udara di wilayah aglomerasi Jabodetabek tengah menjadi perhatian banyak pihak. Pasalnya, dalam beberapa pekan terakhir, kualitas udara di Jabodetabek kerap menjadi yang terburuk dibanding kota-kota penjuru dunia lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Imbas Polusi Udara, Menkes Sebut Klaim BPJS Kesehatan Akan Semakin Tinggi", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/08/24/151100926/imbas-polusi-udara-menkes-sebut-klaim-bpjs-kesehatan-akan-semakin-tinggi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm