Toyota Kijang Kapsul lansiran 1997-2004 dianggap sebagai motuba yang ramah pengguna(Kompas.com/Daafa)
Toyota Kijang Kapsul lansiran 1997-2004 dianggap sebagai motuba yang ramah pengguna(Kompas.com/Daafa) ( KOMPAS.COM)

Ide Komunitas Mobil Tua supaya Lolos dari Sanksi Tilang Uji Emisi

4 September 2023 19:02 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menyikapi diberlakukannya tilang uji emisi kendaraan di DKI Jakarta, beberapa komunitas mobil tua (motuba) menggagas langkah-langkah inisiatif agar anggotanya tidak terjaring.

Langkah yang dimaksud juga bermacam, mulai dari mengikuti tes uji emisi gratis di posko Dinas Lingkungan Hidup (DLH), atau membayar sendiri di bengkel-bengkel mobil yang memang menyediakan.

Tapi, ada pula komunitas yang tidak khawatir merogoh kocek bernilai besar, dan memutuskan memanggil langsung tim uji emisi untuk melakukan pemeriksaan privat bagi anggotanya.

I Made Yoga Mahardika, Presiden Mercedes Benz Club Indonesia, menjelaskan, dirinya tengah menggagas program tersebut supaya anggota pengguna motuba tidak khawatir dengan tilang uji emisi.

“Nanti kami akan bikin satu grup yang dikhususkan untuk uji emisi pribadi, termasuk juga kami bantu layanan aftersales,” ucapnya kepada Kompas.com di Bogor, Sabtu (2/9/2023).

Ajang privat itu akan dilanjutkan pula dengan proses diagnostik motuba Mercy sehingga para anggota bisa langsung mendata pembenahan-pembenahan apa saja yang diperlukan supaya target emisinya tercapai

Dengan adanya uji emisi pribadi ini, Yoga berharap para anggota menjadi lebih lega dan tentunya bisa jauh lebih tenang saat mengendarai motuba masing-masing di Jakarta.

“Teman-teman (anggota) kan maunya punya mobil ya dipakai, bukan mangkrak di garasi saja dong,” ujarnya.

Apa pun hasil akhirnya nanti, Yoga menjamin rekan-rekan komunitasnya akan selalu taat terhadap aturan pemerintah, dan sebisa mungkin mengikuti semua prosedur.

Upaya yang sama juga dilakukan Komunitas pengguna motuba Kijang Kapsul dan Kijang Doyok, dengan cara mendatangi posko-posko uji emisi yang sudah disediakan DLH.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm