Ilustrasi parkir mobil di apartemen atau gedung(unsplash/michaelfousert)
Ilustrasi parkir mobil di apartemen atau gedung(unsplash/michaelfousert) ( KOMPAS.COM)

Mitos atau Fakta, Mobil Matik Sering Melakukan Parkir Paralel Bikin Cepat Rusak

5 September 2023 19:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Tinggal di apartemen konsekuensinya ialah keterbatasan lahan parkir. Tak sedikit penghuni yang memiliki mobil akhirnya berebut tempat parkir yang terbatas.

Salah satu yang sering kali dilakukan ialah melakukan parkir paralel dengan menetralkan gigi mobil. Untuk mobil matik, di beberapa model, caranya dengan mencolok transmisi dari "P" ke "N" agar bisa didorong atau digeser.

Timbul pertanyaan apakah sering menetralkan gigi N di mobil matik agar bisa parkir paralel bisa berpengaruh pada transmisi?

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cabang Cilandak, Jakarta Selatan, mengatakan, tidak ada pengaruh sama sekali menetralkan mobil matik dengan mekanikal sistem transmisi itu sendiri.

"Sebetulnya kalau cuma dinetralkan saja tidak pengaruh ke transmisi. Hanya saja kan di beberapa mobil saat menetralkan itu harus pakai colokan, paling hanya kuncinya diambil dan dimaksukan jadi tidak mulus saja. Tapi secara fungsi matiknya tidak pengaruh," kata Suparna kepada Kompas.com, Senin (4/9/2023).

Suparna juga menjelaskan, tidak ada pengaruh kalau mobil sudah dinetralkan kemudian didorong-dorong selama di parkiran.

"Kalau cuma di situ kan tidak sampai puluhan meter ya. Beda kalau misalkan (bawa mobil) di kecepatan tinggi kemudian dinetralkan ada beberapa tipe matik akan rusak, tapi kalau di netralkan (mesin mati) kemudian di dorong-dorong saja tidak masalah," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mitos atau Fakta, Mobil Matik Sering Parkir Paralel Bikin Cepat Rusak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/05/130100215/mitos-atau-fakta-mobil-matik-sering-parkir-paralel-bikin-cepat-rusak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm