Pelaku dan barang bukti uang palsu yang diamakan oleh warga Desa Balun Ijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Rabu (30/8/2023)
Pelaku dan barang bukti uang palsu yang diamakan oleh warga Desa Balun Ijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Rabu (30/8/2023) ( Istimewa)

Pemasok Uang Palsu ke Pengedar Upal di Balunijuk Kabur, Polres Bangka Tetapkan Satu Pelaku Tunggal

8 September 2023 08:23 WIB

SonoraBangka.id - Hingga kini, jajaran Sat Reskrim Polres Bangka belum berhasil membekuk pemasok uang palsu (upal) kepada Rangga Gusti Randa (29) yang tertangkap warga saat mengedarkan uang palsu dengan modus membeli rokok di salah satu warung di Desa Balun Ijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka pada Rabu (30/8/2023) lalu. 

Diketahui pemasok yang sudah didapat identitas tersebut oleh Sat Reskrim Polres Bangka itu lebih dulu kabur.

Sedangkan Rangga Gusti Randa warga Kikim Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan yang menjadi pengedar uang palsu saat ini telah ditetapkan sebagai tersangka tunggal dalam kasus peredaran uang palsu tersebut. 

"Sampai saat ini tersangkanya baru satu untuk peredaran uang palsu pemasok uang palsunya lebih dulu kabur saat kita melakukan penambangan," kata AKBP Taufik Noor Isya Kapolres Bangka melalui Kasat Reskrim AKP Rene Zakharia Kamis (7/9/2023) saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Diakui Rene Zakharia pihaknya sempat mengalami hambatan dalam upaya pengembangan peredaran uang palsu tersebut. 

Pasalnya tersangka Rangga Gusti Randa berbelit-belit dan sempat mengarang cerita terkait dari mana ia mendapatkan uang palsu yang ia kuasai dan diedarkan. 

Diduga saat Anggota Reskrim Polres Bangka dalam proses pengembangan tersebut lah pemasok uang palsu tersebut mendapatkan info penangkapan dan langsung kabur.

"Jadi sebelum kita membekuknya sudah kabur duluan pemasoknya," ungkap Rene Zakharia.

Pelaku Nyaris Dihajar Massa

Seperti diketahui warga Desa Balun Ijuk Kecamatan Merawang Kabupaten Bangka Rabu (30/8/2023) lalu menangkap pengedar uang palsu saat beraksi. 

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm