Buaya yang sedang makan satu ekor ayam di sungai Jembatan 12.
Buaya yang sedang makan satu ekor ayam di sungai Jembatan 12. ( Dok Pribadi)

Content Creator asal Pangkalpinang diberi Peringatan BKSDA tentang Konten Beri Makan Buaya Timbulkan Bahaya

9 September 2023 08:22 WIB

SonoraBangka.id - Saat ini media sosial diramaikan oleh content creator asal Kota Pangkalpinang yang sering mengabadikan momen kemunculan buaya di berbagai tempat.

Kepala Resor Konservasi Eksitu Wilayah XVII Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Selatan, Ahmad Fadhli, menyampaikan, aktivitas memberikan makan pada satwa liar termasuk buaya yang muncul di beberapa kolong merupakan kegiatan yang berbahaya.

 

Pada tayangan yang ia buat, terlihat buaya kerap muncul dan diberikan makan berupa potongan daging ayam saat berada di daerah beberapa daerah, seperti Kolong Kacangpedang, Air Mawar, dan juga aliran air kawasan Kulan.

 

Tak ayal, tayangan di medsos itu banyak menyita perhatian masyarakat yang ingin menyaksikan sehingga sudah diputar ribuan kali.

"BKSDA, bersama pemerintah daerah setempat sebenarnya sudah memperingatkan pada yang bersangkutan. Bagaimana pun, jika satwa liar sering diberikan makan pasti akan lebih sering muncul (kembali) dan itu berbahaya," tegas Ahmad Fadhli pada Bangkapos.com, Jumat (8/9/2023).

Menurutnya, apabila buaya tersebut sering muncul akan berpotensi membahayakan masyarakat yang ada di kawasan itu.

"Otomatis, jika sering diberikan makanan terus menurus akan kembali lagi. Jadi konten memberi makan buaya itu sebenarnya tidak dibenarkan," kata Fadhli. 

 

Lebih lanjut ia juga menyebutkan jika beberapa kolong yang ada di Kota Pangkalpinang memiliki aliran yang langsung menuju muara sungai, sehingga menjadi habitat buaya jenis muara untuk mencari makan.

"Kalau di Bangka itu yang ada jenis buaya muara saja, sesuai namanya (habitat) pasti di daerah aliran muara sungai. Kolong di sini kan aliran langsung ke laut atau muara jadi menyambung," ucapnya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Konten Beri Makan Buaya Timbulkan Bahaya, BKSDA Beri Peringatan Content Creator asal Pangkalpinang, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/08/konten-beri-makan-buaya-timbulkan-bahaya-bksda-beri-peringatan-content-creator-asal-pangkalpinang.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm