Pemilik mobil tua (motuba) yang tergabung di Komunitas Mercedes Benz Club Indonesia, mengaku tidak takut dengan tilang uji emisi(Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Pemilik mobil tua (motuba) yang tergabung di Komunitas Mercedes Benz Club Indonesia, mengaku tidak takut dengan tilang uji emisi(Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Soal Aturan Uji Emisi, Komunitas Motuba Minta Pemerintah Untuk Konsisten

14 September 2023 20:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemberhentian tilang uji emisi Jakarta secara mendadak pada Senin (11/9/2023) cukup mengejutkan masyarakat. Padahal, operasi khusus ini baru diselenggarakan 1 kali.

Salah satu pihak yang mengaku terkejut dengan informasi ini adalah komunitas mobil tua (motuba), yang mengaku senang dan merasa lega, namun juga sedikit keheranan.

Pada satu sisi, pemberhentian tilang uji emisi dirasa akan mengurangi beban pengguna motuba, tapi di sisi lain, efek kejutnya pada awal pelaksanaan sudah terlanjur memberikan pengaruh.

Muchlis Amir, anggota Senior di Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), menganggap Pemerintah sedikit terburu-buru dalam hal mengimplimentasikan kebijakan ini.

Efeknya, banyak pengguna dan komunitas motuba yang sempat panik di awal, saat kewajiban tilang uji emisi pertama kali digaungkan.

“Saya banyak dengar kawan-kawan (pengguna motuba) ada yang panik, sampai tidak mau keluar pakai mobilnya, karena ya itu, takut ditilang,” ucapnya kepada Kompas.com, Rabu (13/9/2023).

Muchlis sendiri mengaku jadi salah satu pengguna yang ‘termakan’ isu. Sebab pasca diumumkannya pemberlakuan tilang, dirinya langsung bergegas menguji emisi semua mobil miliknya.

“Ternyata malah tidak dilanjutkan (tilang uji emisi), ya walaupun tidak rugi karena mobil bisa lebih sehat, tapi kalau spontan gini kan kurang enak jadinya,” katanya sembari bercerita.

Dia berharap untuk kedepannya, Pemerintah akan lebih selektif dalam hal memilah dan mempersiapkan aturan terlebih dahulu, sebelum resmi diberlakukan.

“Supaya ada kejelasan dan sama-sama enak. Kami masyarakat bisa bersiap, dan memang ada kejelasan soal aturannya, memang untuk jangka panjang,” ucapnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm