Presiden Joko Widodo saat meninjau Bandara Kertajati di Jawa Barat pada Selasa (11/7/2023).
Presiden Joko Widodo saat meninjau Bandara Kertajati di Jawa Barat pada Selasa (11/7/2023). ( dok. Sekretariat Presiden)

Bandara Kertajati Gantikan Bandara Husein, Harga Tiket Pesawat Tak Beda Jauh

16 September 2023 16:23 WIB

SonoraBangka.ID - Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan menggantikan Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat mulai 29 Oktober 2023.

Nantinya, penerbangan berjadwal dari dan ke Bandara Husein menggunakan pesawat jet akan berpindah ke Bandara Kertajati.

Lantas dengan perubahan ini apakah akan berpengaruh pada harga tiket pesawat? Lebih murah mana harga tiket pesawat antara kedua bandara tersebut?

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Putu Eka Cahyadi mengatakan, tarif penerbangan kedua bandara ini sangat kompetitif sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan pada harga tiket pesawat.

"Tarif antara Bandung dengan Kertajati ini sebetulnya sangat-sangat kompetitif, tidak banyak perbedaan karena kalau dari sisi letak kan sebenarnya bandara ini dekat, sama-sama dekat tidak terlalu jauh," ujarnya saat media briefing di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Dia menjelaskan, akan ada sedikit perbedaan tarif jika mengikuti aturan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) tiket pesawat masing-masing bandara.

Misalnya, untuk penerbangan rute Bandung ke wilayah Timur jaraknya lebih dekat dengan Bandara Husein. Namun jika penerbangan rute Bandung ke wilayah Barat tentu akan lebih dekat jaraknya ke Bandara Kertajati.

"Tapi secara komprehensif, ini sama juga pricing-nya, jadi tidak perlu khawatir. Kalau saya lihat data kami, kalau kita bicara regulasi misalnya ya, Bandung-Balikpapan itu TBA-nya katakanlah sekitar Rp 1,3 juta, tetapi kalau dari Kertajati itu Rp 1,2 juta. Mirip-mirip, enggak terlalu banyak lah (bedanya)," jelas Putu.

Kendati demikian, dia mengklaim biaya yang dikeluarkan untuk ongkos angkutan dari atau ke bandara akan lebih murah di Bandara Kertajati.

Pasalnya, selama Oktober-Desember 2023 terdapat diskon tarif angkutan antar moda sebesar rata-rata 20 persen di Bandara Kertajati.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm