Ilustrasi kulit pai yang dibolongi.
Ilustrasi kulit pai yang dibolongi. ( SHUTTERSTOCK/rom_olik)

Menjadi Bgaian Penting, Berikut 6 Cara Membuat Kulit Pie Antigagal

17 September 2023 14:27 WIB

SonoraBangka.id -  Kulit atau crust menjadi bagian penting dalam pai. Tekstur kulit pai akan memengaruhi kenikmatan pai setelah matang. Langkah membuat kulit pai cukup sederhana, tetapi perlu ketelitian lebih agar kulit tidak pecah dan membuat isian bocor. 

Ami, Chef Modena sekaligus 1st Runner-up MasterChef Indonesia musim 10, membagikan enam cara membuat kulit pai antigagal berikut ini.

1. Jangan aduk bahan terlalu lama

Langkah pertama membuat kulit pai adalah mencampur gula halus dan mentega. Pengadukan ini cukup dilakukan sebentar. Mencampur bahan kulit pai terlalu lama bisa membuat teksturnya keras dan sulit dibentuk. "Aduk adonanya cukup pakai spatula. Kalau pakai tangan, adonannya bakal keras," ujar Ami saat mendemokan matcha latte pie di Jakarta, Rabu (13/9/2023). 

2. Pakai mentega berkualitas tinggi

Kualitas bahan makanan sangat memengaruhi hasil akhir pai. Pilihlah mentega berkualitas tinggi untuk membuat kulit pai antigagal. Mentega juga merupakan jenis lemak terbaik untuk membuat kulit pai. Namun, kamu boleh saja menggantinya dengan margarin. "Margarin kan rasanya sedikit asin, jadi jumlah gula halusnya ditambah lebih banyak saja," tutur Ami.

3. Gunakan gula halus

Hindari jenis gula pasir saat membuat kulit pai. Sebaiknya, gunakan icing sugar atau gula halus. Tekstur gula pasir akan sulit menyatu dengan mentega sehingga membuat adonan terasa kasar. Kemudian, saring gula halus untuk memastikan tidak ada yang menggumpal dan memudahkan pengadukan. 

4. Bentuk kulit pai tidak terlalu tebal

Gilas adonan kulit pai sebelum membentuknya dengan cetakan. Pastikan ketebalannya sama rata. Menurut Ami, kulit pai sebaiknya tidak terlalu tebal atau tidak terlalu tipis agar mampu menampung isiannya. "Kalau bagian bawahnya terlalu tebal, isiannya tidak seimbang," kata Ami.

5. Tusuk kulit pai sebelum dipanggang

Kunci membuat kulit pai antigagal terletak pada tahapan ini. Jangan lupa menusuk-nusuk bagian bawah kulit pai yang sudah dicetak. Tujuan membolongi kulit pai sebelum dibolongi ini adalah menghindari adonan mengembang saat dipanggang. Gunakan garpu untuk membuat bolongan di dasar kulit pai hingga menutupi permukaannya.

6. Panggang dua kali

Kulit pai harus dipanggang sebanyak dua kali. Pertama, sebelum diisi dengan custard atau vla. Cukup panggang kulit pai selama 10-15 menit dengan suhu 160 derajat celsius untuk mematangkan kulitnya. Lanjutkan dengan mengisi kulit pai dan memanggangnya kembali hingga matang sempurna.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Cara Membuat Kulit Pie Antigagal, Tips dari Pemenang MasterChef", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/15/160800875/6-cara-membuat-kulit-pie-antigagal-tips-dari-pemenang-masterchef?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm