Ilustrasi wajan antilengket.
Ilustrasi wajan antilengket. ( SHUTTERSTOCK/EVGENY KARANDAEV)

Awet Sampai Bertahun-tahun, Berikut 8 Tips Rawat Wajan Antilengket

24 September 2023 06:51 WIB

SonoraBangka.id - Wajan antilengket salah satu peralatan dapur yang penting untuk memasak di rumah. Wajan antilengket mempunyai banyak keunggulan, yaitu makanan tidak mudah menempel sesuai namanya, sehingga tidak perlu banyak minyak dan mudah dibersihkan.

Nah, supaya wajan antilengket bisa bertahan lebih lama tentu harus dirawat dengan cara dibumbui minyak, jangan menggunakan spatula logam, dan dibersihkan secara benar. Simak cara rawat wajan antilengket, bisa awet sampai betahun-tahun, dikutip dari laman Ndtv Food, berikut selengkapnya. 

1. Bumbui dengan minyak goreng

Meskipun disebut wajan antilengket, namun tetap perlu melumasinya dengan minyak goreng sebelum memasak. Jangan menuang minyak atau mengolesi mentega di atasnya karena makanan dapat menyerap sehingga menambah lemak yang tidak diperlukan. Sebagai gantinya gunakan tisu yang dibasahi minyak, dan usap di permukaan lapisan antilengket.

2. Jangan memakai cooking spray

Cooking spray cenderung menempel pada wajan antilengket sehingga membuatnya lengket. Semprotan minyak ini menumpuk dan bertahan saat memasak. Hal tersebut menjadi susah untuk dibersihkan, sedangkan lapisan antilengket bersifat rapuh, menggosok terlalu sering pada wajan antilengket dapat menyebabkan kerusakan.

3. Hindari menggunakan sendok masak logam

Supaya wajan antilengket tahan lebih lama, hindari menggunakan benda tajam seperti sendok logam, garpu, dan pisau untuk membalik atau mengaduk makanan. Ujung benda tajam dapat menggores permukaan wajan antilengket. Kamu bisa menggunakan sendok kayu, plastik, atau silikon.

4. Gunakan cara membersihkan yang benar

Cuci terlebih dahulu peralatan masak dengan spons lembut menggunakan air hangat dan sabun cuci piring. Jika ada noda terbakar atau sisa minyak, buatlah pasta dari soda kue dan air. Oleskan pasta tersebut pada area yang bernoda dan biarkan selama 15 menit. Setelah dibersihkan, rendam tisu dengan minyak sayur dan gunakan untuk menyeka permukaan wajan antilengket.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm