Simpan keju dengan cara yang tepat agar tak mudah berjamur.
Simpan keju dengan cara yang tepat agar tak mudah berjamur. ( Shutterstock/Brian Yarvin)

Bukan Cuma Mozzarella, Berikut Ini 10 Jenis Keju Leleh untuk Memasak

1 Oktober 2023 15:12 WIB

SonoraBangka.id - Keju bisa dipadukan dengan beragam bahan makanan untuk membuat hidangan apa saja. Baik itu makanan manis, gurih, maupun pedas. Keju akan menambahkan tekstur lembut dan rasa asin ketika dimasak.

Jenis keju ada yang meleleh dan tidak meleleh. Mozzarella adalah jenis keju leleh paling umum di Indonesia. Selain itu, masih banyak jenis keju leleh lain yang bisa digunakan untuk membuat piza, burger, hingga mac n cheese favoritmu di rumah. Dilansir dari Taste of Home, simak 10 jenis keju leleh berikut ini.

1. Mozzarella

Keju ini terkenal akan tekstur lelehnya, sering ditemukan dalam berbagai makanan manis dan gurih. Mozzarella termasuk keju leleh populer dan cocok digunakan untuk hidangan goreng hingga panggang. Pilih keju mozzarella dengan kandungan lemak dan kelembapan tinggi agar bisa meleleh sempurna. 

2.  Cheddar 

Meski tidak meleleh sempurna seperti mozzarella, keju cheddar memiliki dapat melunak dengan baik. Jenis keju cheddar muda paling dinilai meleleh lebih baik dibandingkan dengan cheddar tua yang disimpan lama. Keju cheddar tua justru terasa berminyak dan berbutir ketika terkena panas, bukan meleleh seperti yang diinginkan.

3.  American

Jenis keju ini sangat mudah meleleh. Bisa digunakan untuk burger, sandwich, dan makanan panggang lainnya. Bentuk yang paling umum ditemukan adalah lembaran. Namun, ada juga american cheese berukuran balok atau besar untuk digunakan dalam jumlah banyak.

4. Fontina 

Teksturnya superlembut sehingga membuat keju fontina tepat digunakan untuk membuat saus dan hidangan panggang. Biasanya fontina digunakan bersama dengan mozzarella untuk mendapatkan tekstur leleh sempurna dalam hidangan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm