ilustrasi agar-agar santan gula merah.
ilustrasi agar-agar santan gula merah. ( shutterstock/Nur El Imany)

Tidak Gumpal dan Lembut, Berikut 7 Cara Masak Agar-agar Instan

2 Oktober 2023 21:15 WIB

SonoraBangka.id - Agar-agar terasa lembut dan berair saat dimakan. Tekstur ini bisa didapat dengan pemasakan yang benar. Cara memasak agar-agar yang salah bisa menyebabkan teksturnya cair, keras, atau malah menggumpal.

Kamu bisa menyimak tips memasak agar-agar instan supaya tidak menggumpal dan cepat mengeras dari buku "Eksotika Agar-Agar Ragam Minuman Segar" (2013) oleh Pustaka Swallow Globe terbitan Gramedia Pustaka Utama berikut ini.

1. Gunakan gelas takar 

Cairan untuk membuat agar-agar tidak boleh terlalu banyak supaya tidak lembek, juga tidak boleh terlalu sedikit agar tidak keras. Cara memastikan jumlah air yang tepat adalah mengikuti ketentuan resep. Kemudian, gunakan gelas ukur untuk menakar dengan tepat, bukan mengira-ngira dengan gelas minum biasa.

2. Pakai santan suhu ruang

Bila menggunakan santan atau susu cair, pastikan suhu bahan ini sudah tepat, tidak dingin dari kulkas dan tidak panas. Santan atau susu cair akan dimasukkan ke dalam adonan agar-agar panas. Jika suhunya sangat berbeda, agar-agar sulit mengeras sempurna.

3. Campur bahan sebelum dimasak di atas api

Jangan dulu menyalakan api sebelum mencampur semua bahan, yakni tepung agar-agar, gula, dan air. Biarkan ketiganya diaduk menjadi satu, baru nyalakan api. Hal ini bisa mencegah agar-agar menggumpal saat matang.

4. Masak agar-agar dengan api sedang

Jerang agar-agar menggunakan api sedang, bukan api besar. Usahakan panasnya stabil hingga mendidih. Aduk terus larutan agar-agar selama dimasak dan biarkan satu hingga dua menit setelah mendidih. Baru dituang ke cetakan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm