Seorang pria mengantuk saat sedang mengemudi di dalam mobil. Kondisi ini disebut dengan istilah carcolepsy.(monstArrr_/Unsplash)
Seorang pria mengantuk saat sedang mengemudi di dalam mobil. Kondisi ini disebut dengan istilah carcolepsy.(monstArrr_/Unsplash) ( kompas.com)

Wajib Untuk Atur Waktu Istirahat Ketika Perjalanan Jarak Jauh Naik Mobil

9 Oktober 2023 16:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Melakukan perjalanan jarak jauh akan sangat melelahkan bagi pengemudi mobil, sehingga perlu mengatur jeda istirahat.

Alasannya, karena mengemudi jarak jauh membutuhkan konsentrasi penuh dengan durasi lama. Dengan mengatur waktu istirahat, diharapkan bisa menjaga tingkat kewaspadaan.

Seperti diketahui, mengemudi dengan keadaan lelah, membuat konsentrasi pengemudi berkurang. Ini berefek mengalami microsleep yang bisa mengakibatkan mobil kehilangan kendali dan terjadi kecelakaan.

Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, pengemudi perlu beristirahat setiap dua sampai tiga jam setelah mengemudi.

“Dua jam sampai tiga jam pertama, istirahat untuk lakukan peregangan, bisa lakukan 15-30 menit saja. Terus dua jam sampai tiga jam kedua, bisa peregangan ditambah tidur,” ungkap Jusri kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jusri juga menyarankan untuk melakukan power nap atau tidur sejenak, tidak lebih dari 30 menit saat beristirahat dalam jeda perjalanan. Jangan sampai melakukan tidur dengan durasi yang lebih lama karena berisiko terhadap pengemudi itu sendiri.

“Tidur lebih dari 30 menit, akan mengalami sleep disturbance atau kerusakan proses tidur yang sebenarnya. Kalau tidur melebihi satu dua jam saat perjalanan maka kualitas tidurnya tidak nyaman, saat bangun, mood-nya jadi kurang baik,” tambah Jusri.

Selain itu, Jusri juga mengingatkan durasi mengemudi dalam sehari maksimal 10 jam perjalanan saja.

Sementara itu, Sony Susmana, Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, ketika mengemudi jarak jauh harus melakukan istirahat secara berkala.

“Jadi Setelah melakukan perjalan maksimal tiga jam, wajib beristirahat selama 30 menit, dan menyisihkan waktu tiga menit untuk stretching dan harus didukung oleh penumpang lainnya.” ungkap Sony beberapa waktu lalu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wajib Atur Waktu Istirahat Ketika Perjalanan Jarak Jauh Naik Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/09/101200915/wajib-atur-waktu-istirahat-ketika-perjalanan-jarak-jauh-naik-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm