Ilustrasi bahaya mengonsumsi makanan yang digoreng terhadap risiko diabetes tipe 2.(Unsplash/Tareq Ismail)
Ilustrasi bahaya mengonsumsi makanan yang digoreng terhadap risiko diabetes tipe 2.(Unsplash/Tareq Ismail) ( KOMPAS.COM)

Dampak Makan Gorengan terhadap Risiko Diabetes, Kenali Untuk Bahayanya

9 Oktober 2023 19:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Gorengan atau makanan yang digoreng adalah salah satu jenis makanan yang cukup populer. Karena selain enak, makanan ini juga praktis dan mudah disajikan.

Tapi, diketahui mengonsumsi gorengan dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Dilansir dari laman Medical News Today, penelitian menunjukkan bahwa proses menggoreng dapat mengubah komposisi nutrisi makanan dan menghasilkan bahan kimia berbahaya.

Misalnya menggoreng karbohidrat seperti kentang, dapat menghasilkan akrilamida, yang telah dikaitkan dengan obesitas, sindrom metabolik, dan gangguan neurologis.

Beberapa penelitian pada orang dewasa juga menemukan hubungan antara makan gorengan dan risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Secara umum, makan lebih banyak makanan yang digoreng dikaitkan dengan risiko lebih besar terkena diabetes tipe 2.

Makanan yang digoreng biasanya dilapisi tepung roti, yang dapat menambah banyak karbohidrat, lemak tidak sehat, dan kalori.

Dikutip dari laman Everyday Health, terlalu banyak lemak dalam makanan dapat menyebabkan penambahan berat badan, yang dapat memperburuk diabetes tipe 2.

Pertambahan berat badan juga meningkatkan risiko penyakit jantung, risiko yang juga sudah meningkat ketika Anda menderita diabetes.

Beberapa makanan yang termasuk kategori tersebut adalah makanan yang dilapisi tepung roti dan digoreng seperti nugget ayam, udang, dan bawang bombai.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm