Gadon sapi buatan Chef Ragil Imam Wibowo.
Gadon sapi buatan Chef Ragil Imam Wibowo. ( Kompas.com/Krisda Tiofani)

Cara Membuat Gadon Sapi Santan Tanpa Daun Pisang ala Chef Ragil

18 Oktober 2023 14:47 WIB

SonoraBangka.id - Chef Ragil Imam Wibowo termasuk satu dari 65 penulis buku "Comfort Food Memoirs. Kisah Makanan yang Menenangkan beserta Resepnya" yang baru dirilis pada Rabu (16/10/2023).

Buku ini berisi tentang cerita comfort food dan resepnya dari setiap penulis. Ragil menulis kisah mengenai gadon sapi, salah satu comfort food miliknya.

"Gadon sapi itu makanan saya dari kecil. Kalau saya lagi enggak mau makan, lagi sakit. Gadon enggak pernah gagal lah," kata Ragil saat ditemui media usai acara perilisan buku di restoran Nusa Indonesian Gastronomy Jakarta.

Comfort food miliknya diturunkan kepada anak-anak. Dibandingkan dengan makanan cepat saji, anak koki kenamaan juga menyukai gadon sapi, menjadi makanan favorit keluarga.

Ragil mendemokan resep gadon sapi khas Jawa Tengah yang ditulisnya dalam buku. Spesialnya, gadon ini tidak dibungkus dengan daun pisang.

Daun pisang dicincang dan direbus. Airnya diambil untuk campuran adonan gadon sapi supaya tidak menghilangkan aroma daun pisang dari hidangan tradisionalnya. Selengkapnya, simak resep gadon sapi ala Chef Ragil berikut ini. 

Resep gadon sapi

Bahan:

100 ml santan kental

1 butir telur

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm