ilustrasi es cendol gula merah untuk takjil.
ilustrasi es cendol gula merah untuk takjil. ( SHUTTERSTOCK/Ricky_herawan)

Berikut Ini Cara Membuat Es Cendol Gula Merah dengan Santan

22 Oktober 2023 06:09 WIB

SonoraBangka.id -  Es cendol bisa menjadi ide hidangan penutup yang enak dinikmati dingin dengan rasa manis gula aren dan gurih dari santan. Es cendol gula merah mudah cara membuatnya dengan bahan sederhana yang ada di rumah.

Es cendol gula merah dibuat dengan bahan air gula aren, daun pandan, santan, dan dawet atau cendol. Simak resep es cendol gula merah dengan santan, dikutip dari buku "100 Resep Makanan Laris dijual ala Dapur Mak Evi" (2020) karya Evi Novrianty terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep es cendol gula merah

Bahan:

Dawet (cendol) siap pakai

500 ml air gula aren dan 150 gram gula pasir ditambah

3 lembar daun pandan (masak hingga mendidih, saring)

250 ml santan Es batu secukupnya

Cara membuat resep es cendol gula merah:

1. Cuci dawet dengan air matang.

2. Penyajian: dalam mangkuk saji, campur dawet dengan larutan gula. Tambahkan santan, aduk rata. 3. Beri es batu secukupnya. 4. Sajikan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Es Cendol Gula Merah dengan Santan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/21/210500075/resep-es-cendol-gula-merah-dengan-santan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm