Salah satu pabrik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TMSC) yang memproduksi chip dengan teknologi fabrikasi 5 nm.
Salah satu pabrik Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TMSC) yang memproduksi chip dengan teknologi fabrikasi 5 nm. ( TSMC)

TSMC Beri Kabar Baik untuk Industri PC dan Smartphone Dunia

24 Oktober 2023 10:33 WIB

SonoraBangka.ID - Pasaran smartphone dan PC mengalami penurunan di tengah kondisi ekonomi global yang lesu beberapa waktu belakangan. Namun kini, berembus kabar baik dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) selaku pabrikan chip.

TSMC merupakan rekanan manufaktur yang membuat aneka chip untuk para pabrikan besar di industri PC dan smartphone, mulai dari AMD, Nvidia, hingga Qualcomm. TSMC mulai melihat adanya perubahan kondisi di industri ini.

"Kami melihat tanda-tanda awal mulai stabilnya PC dan smartphone, dua segmen (chip) terbesar untuk TSMC," ujar CEO TSMC C.C. Wei dalam earnings call beberapa hari lalu.

Namun, Wei melanjutkan bahwa untuk sekarang, masih terlalu awal untuk mengatakan bahwa kedua industri di bidang teknologi tersebut sudah mulai pulih.

Di sisi lain, sebagaimana dihimpun dari Nikkei Asia, Senin (23/10/2023), permintaan chip untuk industri otomotif mulai melambat, tapi diprediksi bakal mengalami rebound di 2024.

Pasaran smartphone global, menurut Wei, mengalami koreksi tajam dari sebelumnya mencatat pengapalan 1,4 miliar unit per tahun menjadi hanya 1,1 miliar unit per tahun.

Namun, permintaan yang berasal dari bidang kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI) dan high performance computing tetap tinggi dan diperkirakan akan terus berlanjut hingga 2025.

Terdampak pembatasan ekspor AS

TSMC ikut terdampak pengetatan ekspor teknologi oleh Pemerintah Amerika Serikat yang melarang penjualan chip komputer berkinerja tinggi ke China.

Sebab, sebagian kliennya merupakan perusahaan AS, seperti AMD dan Nvidia yang banyak membuat chip AI yang terkena larangan ekspor, seperti seri H100 dan A100 dari Nvidia.

Wei mengatakan dampak pembatasan ekspor oleh AS ini terhadap TSMC akan "terbatas dan bisa ditangani, setidaknya untuk jangka pendek". Namun, efek jangka panjangnya masih dievaluasi oleh perusahaan.

Selain itu, pemerintah AS turut membatasi akses China terhadap fasilitas produksi chip global, termasuk TSMC. Hal tersebut juga berdampak pada TSMC yang jadi tidak bisa mengambil kontrak dari perusahaan-perusahaan China.

Meskipun demikian, analis Bernstein Research, Mark Li, memperkirakan TSMC akan kembali mengalami pertumbuhan mulai tahun depan, antara lain karena pesanan produksi dari Intel, salah satu perusaahaan chip terbesar dari AS.

TSMC menangani produksi chip pengolah grafis (GPU) dan akselerator AI dari Intel. Seri chip PC terbaru Intel yang sebagian komponennya dibuat oleh TSMC, Meteor Lake, akan mulai tersedia pada akhir 2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabar Baik untuk Industri PC dan Smartphone Dunia", Klik untuk baca: https://tekno.kompas.com/read/2023/10/23/08020077/kabar-baik-untuk-industri-pc-dan-smartphone-dunia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm