Lamborghini Aventador alami overheat di Jalan Panjang Arteri, Sabtu (14/1/2023)(INSTAGRAM/IINU3312)
Lamborghini Aventador alami overheat di Jalan Panjang Arteri, Sabtu (14/1/2023)(INSTAGRAM/IINU3312) ( kompas.com)

Pertolongan Pertama ketika Mobil Mengalami Overheat

28 Oktober 2023 20:50 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Panas berlebih atau overheat pada mesin mobil biasanya terjadi pertama kali saat sedang digunakan, bisa dengan kondisi lalu lintas padat atau lengang sekalipun.

Mesin yang mengalami overheat, artinya sistem pendingin tidak mampu menjaga suhu kerja tetap stabil. Hal ini bisa karena ada kerusakan komponen sistem pendingin atau disebabkan malafungsi internal mesin.

Saat overheat terjadi, pengemudi mobil sebenarnya tak perlu panik yang justru menghasilkan aksi tak tepat.

Pengemudi wajib paham cara memberikan pertolongan pertama ketika mobil mengalami panas berlebih di jalan.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta mengatakan, pertolongan pertama pada mobil yang mengalami overheat bisa beragam, menyesuaikan tingkat kenaikan suhunya dan jenis kerusakan.

“Jika kenaikan suhu mesin masih dalam batas wajar, hampir setengah dari jarum indikator suhu, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan, tapi jika sudah melebihi batasnya maka sebaiknya jangan dipaksakan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Jumat (27/10/2023).

Menurut Hardi, suhu mesin memang bisa mengalami kenaikan, khususnya ketika mesin digeber atau mendapatkan beban berat. Namun selama sistem pendingin mampu mengatasinya itu tidak masalah.

Hardi mengimbau pengemudi untuk tidak memaksakan mesin tetap bekerja bila suhu sampai menyentuh garis merah pada indikator mesin. Kondisi tersebut itu bisa menyebabkan kerusakan pada komponen.

Ketika suhu indikator sampai pada batas tersebut, disarankan pengemudi sigap mengambil langkah preventif dengan meringankan beban mesin. Cara yang bisa ditempuh bisa dengan langsung mencari lokasi kosong guna menepikan mobil dan berhenti sejenak.

“Sebaiknya pengemudi mematikan semua beban mesin seperti lampu, AC, dan sebagainya, namun pastikan mesin tidak langsung dimatikan agar sistem pendingin masih tetap berjalan,” ucap Hardi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm