Ilustrasi onde-onde.
Ilustrasi onde-onde. ( DOK.SHUTTERSTOCK/KETUT MAHENDRI)

Pakai 2 Jenis Tepung, Berikut Cara Membuat Onde-onde Kenyal Legit

11 November 2023 14:58 WIB

SonoraBangka.id - Onde-onde merupakan salah satu jajanan tradisional yang masih eksis hingga hari ini. Biji wijen yang wangi dan isian kacang hijau yang manis legit membuat onde-onde disukai banyak orang. 

Cara membuat onde-onde empuk dan kenyal ala pedagang kue favoritmu tidaklah sulit. Kamu bisa mengikuti resep onde goreng yang menggunakan dua jenis tepung pada adonan kulitnya. 

Ada beberapa cara membuat onde-onde agar tidak mudah hangus, salah satunya selalu gunakan minyak panas dan api kecil yang stabil.

Selain itu, jika adonan onde-onde terasa masih keras sebaiknya tambah dengan sedikit air gula. Uleni hingga kalis elastis. Dalam buku "CAKE & KUE POPULER" (2014) oleh Sahak terbitan KANAYA press, simak takaran bahan dan tips membuat onde-onde berikut ini. 

Resep onde-onde

Bahan isi

100 ml santan kental, dari 1/2 butir kelapa

120 gram gula pasir

1/4 sdt garam

2 lembar daun pandan, simpulkan

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm