Sate kere khas Yogyakarta terbuat dari tetelan, jeroan, kikil, atau gembus.
Sate kere khas Yogyakarta terbuat dari tetelan, jeroan, kikil, atau gembus. ( SHUTTERSTOCK/DIAN PRASTYO)

Bisa Pakai Tetelan atau Jeroan,Berikut Resep Sate Kere Khas Yogyakarta

14 November 2023 17:38 WIB

SonoraBangka.id - Sate kere banyak ditemukan di Yogyakarta terutama Pasar Beringharjo dan sekitarnya. Munculnya sate kere berawal dari orang Yogyakarta zaman dahulu tidak bisa membeli daging karena mahal akhirnya menggunakan bahan sisaan daging seperti tetelan atau jeroan untuk bikin sate.

Sate kere bisa dibuat dari tetelan (sisa daging yang menempel pada daging), jeroan, kikil, atau gajih (lemak). Ada juga sate kere dari tempe gembus yang populer di Solo. Resep sate kere dari buku "Ngelencer ke Yogyakarta" karya Vindex Tengker terbitan Gramedia Pustaka Utama ini menggunakan tetelan, kikil, atau jeroan.

Resep sate kere

Bahan sate kere

1 kg tetelan, kikil, atau jeroan

Bumbu halus

8 siung bawang putih

50 gram ketumbar

250 gram gula merah

2 sdm air asam jawa

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm