Ilustrasi alpukat dapat membantu cegah diabetes tipe 2(Krasula / Shutterstock)
Ilustrasi alpukat dapat membantu cegah diabetes tipe 2(Krasula / Shutterstock) ( KOMPAS.COM)

Apakah Benar Alpukat Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah Penderita Diabetes?

14 November 2023 18:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Alpukat menjadi salah satu buah yang populer dan banyak dikonsumsi masyarakat dunia.

Buah berkulit hijau ini dikemas dengan vitamin, nutrisi, dan lemak sehat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.

Salah satu manfaat alpukat yang banyak didengungkan adalah khasiatnya yang disebut bisa menurunkan kadar gula darah, terutama bagi penderita diabetes.

Namun demikian, dilansir dari Medical News Today, sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Nutrition, menyelidiki hubungan antara mengonsumsi alpukat dan penurunan risiko diabetes tipe 2.

Dalam penelitian itu peneliti cuma menemukan korelasi yang lemah antara asupan alpukat dan rendahnya insulin puasa. Selain itu, hubungan tersebut menjadi tidak signifikan setelah indeks massa tubuh (BMI) dipertimbangkan.

Lantas, apakah alpukat memang bisa digunakan menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes?

Alpukat bisa menurunkan kadar gula darah?

Penulis dari penelitian tersebut mengidentifikasi adanya “biomarker asupan alpukat” pada beberapa orang yang dikaitkan dengan rendahnya glukosa puasa, insulin puasa, serta penurunan risiko terkena diabetes tipe 2.

Temuan penelitian menunjukkan, profil metabolik individual mungkin menjadi kunci untuk mengidentifikasi makanan yang dapat membantu kesehatan seseorang. 

Studi ini didasarkan pada data dari 6.220 orang dewasa, berusia 45-84 tahun yang berpartisipasi dalam Studi Multi-Etnis Aterosklerosis (MESA).

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm