Ilustrasi chicken cordon bleu.
Ilustrasi chicken cordon bleu. ( PIXABAY/ REINHARD THRAINER))

Matang Sempurna, Berikut 5 Tips Membuat Chicken Cordon Bleu

14 November 2023 18:45 WIB

SonoraBangka.id -  Chicken cordon bleu salah satu menu makanan western food yang mudah ditemui pada restoran. Kamu bisa membuat sendiri chicken cordon bleu dengan memperhatikan beberapa tips memasaknya.

Pastikan minyak goreng panas terlebih dahulu sebelum memasukkan daging ayam, dan di atas api kecil agar matang. Simak tips membuat chicken cordon bleu yang matang sempurna, dikutip dari majalah "Sedap / ED 10 2016" (2016) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Mengiris smoked beef

Iris smoked beef tipis memanjang dengan lebar setengah sentimeter, dengan bentuk kecil memanjang ini, smoked beef akan lebih mudah dimasukkan ke dalam ayam.

2. Melubangi ayam

Sebelum melubangi ayam, balik dada ayam (bagian luar di bawah), karena bagian dalam ayam lebih ringkih dan mudah sobek. Meletakkan ayam menghadap ke kita, akan mudah mengontrol pisau agar tidak sampai merobek ayam.

3. Mengisi ayam  

Masukkan isi ayam sampai ujung agar pada tiap irisan ayam terdapat isi. Jangan sampai isi mengumpul di tengah atau di atas saja.

4. Bahan pencelup ayam

Sebelum digulirkan ke atas tepung panir, celup ayam ke dalam bahan pencelup yang terbuat dari campuran tepung terigu dan maizena.  Larutan pencelup harus encer supaya lapisan tepung tidak terlalu tebal. Jangan gunakan telur agar kerenyahan ayam bertahan lama.

5. Menggoreng ayam

Bentuk chicken cordon bleu yang lumayan tebal, sebaiknya goreng ayam di dalam banyak minyak. Masukkan ayam ke dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api kecil agar ayam tidak cepat cokelat sebelum matang sempurna. Goreng selama lima menit di masing-masing sisi hingga warnanya kuning kecoklatan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Tips Membuat Chicken Cordon Bleu yang Matang Sempurna", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/13/220500075/5-tips-membuat-chicken-cordon-bleu-yang-matang-sempurna.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm