Tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/Serafina Ophelia)
Tuas transmisi mobil matik(KOMPAS.com/Serafina Ophelia) ( KOMPAS.COM)

Alasan Kenapa Saat Parkir Untuk Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik Harus di P

23 November 2023 20:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi pengguna mobil matik, terdapat pilihan posisi transmisi P yang bisa digunakan saat memarkirkan kendaraan.

Posisi P merupakan fitur khusus untuk menjaga mobil agar tetap diam dalam keadaan parkir. Tapi, masih ditemukan pengemudi yang memarkirkan kendaraan dengan posisi tuas di N.

Pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic, Iwan mengatakan, mobil matik ketika parkir posisi tuas tidak di P, misal di N sebenarnya tidak membuat rusak, namun tetap tidak disarankan.

“Tetapi sebaiknya selalu gunakan posisi P saat parkir, tujuannya untuk membantu kerja rem tangan terutama pada posisi parkir menanjak atau menurun,” ucap Iwan kepada Kompas.com belum lama ini.

Iwan menjelaskan, ketika tuas transmisi matik di P maka parking pawl atau roda gigi parkir akan mengunci output shaft matik, sehingga roda tidak bisa berputar.

Selain itu, saat ini beberapa mobil modern sudah dilengkapi dengan fitur keamanan tambahan, dirancang untuk mencegah pengemudi meninggalkan mobil dalam posisi tidak aman.

“Pabrikan sendiri sudah memberikan pengaman, ketika posisi transmisi mobil matik tidak di P, kunci mobil tidak bisa dicabut. Jika yang sudah menggunakan smart keyless entry, posisi kunci tidak bisa ke posisi off atau hanya berhenti di ACC,” jelas Iwan.

Hal yang sama juga dikatakan Hermas Efendi Prabowo, pemilik bengkel spesialis mobil bertransmisi otomatis Worner Matic, mengatakan, sebaiknya tuas persneling digunakan sesuai keperluannya.

“Kalau posisi transmisi diposisikan di P akan lebih aman saat parkir, karena saat gigi persneling di P output shaft yang berhubungan dengan as kopel akan terkunci,” ucap Hermas.

Hermas juga mengatakan, dengan as kopel terkunci maka mobil akan lebih aman dan tidak bergerak dengan sendirinya. Saat akan parkir lama atau sebentar, sebaiknya posisi tuas di P.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kenapa Saat Parkir Posisi Tuas Transmisi Mobil Matik Harus di P", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/11/23/101200315/alasan-kenapa-saat-parkir-posisi-tuas-transmisi-mobil-matik-harus-di-p.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm