Ilustrasi camilan tinggi serat yang menyehatkan.
Ilustrasi camilan tinggi serat yang menyehatkan. ( Freepik/KamranAydinov)

Makan Banyak Serat dan Hindari Buah Sepat, Berikut 5 Makanan Pencegah Wasir

4 Desember 2023 20:11 WIB

SonoraBangka.id - Sebagian orang pernah mengalami sakit wasir, wasir adalah kondisi ketika pembuluh darah di daerah dubur (anus) membengkak atau meradang.

Menjaga pola hidup sehat dapat mencegah datangnya wasir, cukup hindari beberapa makanan seperti buah sepat dan makanan pedas. Simak makanan pencegah wasir berikut ini, dikutip dari majalah "Sedap / JUN 2012" (2012) karya Sedap terbitan PT Gramedai Pustaka Utama.

1. Konsumsi serat

Sumber serat penting adalah buah dan sayur, dalam sehari dianjurkan konsumsi serat dengan tiga sampai lima porsi buah dan sayur. Satu apel, satu buah mangga, seiris pepaya, seiris semangka, dan semangkuk sayur bisa dihitung satu kalori.

2. Minum air putih

Minum cukup air sama seperti serat, fungsi air dalam hal ini untuk mencegah sembelit. Sehari kita dianjurkan minum air 1,5 - dua liter, jumlah ini termasuk air minum, kuah sayur, dan air buah.

3. Kurangi makan atau minuman mengandung tanin

Kurangi makanan dan minuman yang banyak mengandung tanin. Misalnya buah-buahan rasanya sepat atau teh tubruk pekat. Kandungan tanin pada makanan dan minuman ini bisa menyebabkan sembelit.

4. Hindari makanan pembuat keras feses

Kurangi makanan yang meningkatkan kemungkinan ampas (feses) menjadi keras, misalnya daging kambing dalam jumlah banyak. Konsumsi daging terlalu banyak dan tidak diimbangi konsumsi serat dan air dapat menyebabkan feses keras.

5. Kurangi makanan pedas

Kurangi makanan yang mengiritasi saluran cerna, misalnya makanan pedas. Makanan pedas memang tidak secara langsung menyebabkan wasir. Namun, terlalu banyak makanan pedas akan membuat perut diare, sedangkan diare merupakan salah satu faktor penyebab wasir.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Makanan Pencegah Wasir, Makan Banyak Serat dan Hindari Buah Sepat", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/11/29/220908275/5-makanan-pencegah-wasir-makan-banyak-serat-dan-hindari-buah-sepat.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm