Kondisi mobil yang mengalami laka Lantas di Jalan Soekarno Hatta atau tepatnya di depan Polsek Pangkalan Baru, Jum'at (05/08/2022).
Kondisi mobil yang mengalami laka Lantas di Jalan Soekarno Hatta atau tepatnya di depan Polsek Pangkalan Baru, Jum'at (05/08/2022). ( Bangkapos.com/Rizki Irianda Pahlevy )

Kelurahan Ini Banyak Terjadi Laka Maut, Pangkalpinang Tertinggi untuk Angka Kecelakaan Lalu Lintas

12 Desember 2023 10:24 WIB

SonoraBangka.id - Di jaman sekarang ini masyarakat harus berhati-hati saat berkendara karena bisa saja terjadi kecelakaan lalu lintas.

Di Ibu Kota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Pangkalpinang angka kecelakaan lalu lintas  terhitung cukup tinggi.

Berdasarkan catatan Sat Lantas Polresta Pangkalpinang di sepanjang tahun 2023 tercatat terdapat 106 kejadian, terhitung Januari 2023 hingga November 2023.

Dari 106 kecelakaan lalu lintas, 23 orang diantaranya meninggal dunia di rumah sakit ataupun di lokasi kejadian.

Sedangkan 117 orang mengalami sejumlah luka ringan, dengan total kerugian material mencapai Rp 199.800.000 juta. 

"Untuk kecelakaan lalu lintas dari Januari hingga di penghujung tahun cukup tinggi. Kalau untuk kendaraan yang sering mengalami laka lantas, memang masih didominasi dengan sepeda motor," kata Kasubnit 1 Gakkum Satlantas Polresta Pangkalpinang, Ipda Deden Mahendra seizin Kasat Lantas Polresta Pangkalpinang Kompol Dwi Purwaningsih, Senin (11/12/2023).

Diakuinya terkait terjadinya kecelakaan lalu lintas pihaknya, mengatakan terdapat dua faktor yakni human eror dan faktor alam ataupun kondisi jalan. 

"Banyak faktor mulai dari human eror atau pengendara, ada juga faktor alam apalagi saat ini terdapat musim hujan. Selain itu ada juga faktor kondisi jalan, lalu juga penerangan yang minim," jelas Deden. 

Dari 106 kasus kecelakaan lalu lintas, diungkapkannya, daerah yang paling sering terjadi kecelakaan lalu lintas yakni di daerah Kelurahan Ketapang, Kecamatan Pangkalbalam.  

"Kalau daerah yang rawan terjadi laka lantas itu di jalan ketapang, dekat CV Dona karena di sana blind spot. Untuk rambu penerangan juga minim di sana, setiap ada laporan sering ditemukan lokasi kecelakaan ada di sana," bebernya. 

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm