Ini yang terjadi ketika minum kopi tanpa gula setiap hari.(SHUTTERSTOCK/Yulia Furman)
Ini yang terjadi ketika minum kopi tanpa gula setiap hari.(SHUTTERSTOCK/Yulia Furman) ( KOMPAS.COM)

Ini yang Terjadi pada Tubuh Kalau Minum Kopi Tanpa Gula Setiap Hari

25 Desember 2023 21:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Minum kopi di pagi hari bisa menjadi kebiasaan yang dilakukan sebagian besar orang. Hal itu karena dengan meminum kopi bisa membuat seseorang lebih fresh di pagi hari. 

Kopi diketahui mengandung kafein yang telah terbukti bisa membantu tubuh tetap waspada dan memberikan dorongan energi untuk menjalani aktivitas di siang hari, menurut Eatingwell (3/9/2023).

Menurut Departemen Pertanian RI, kopi bukan cuma sekadar minuman pagi, namun sumber alami fosfor dan magnesium. Kandungan itu kemudian dikemas dengan antioksidan yang menawarkan beberapa manfaat kesehatan yang mengesankan.

Namun demikian, manfaat kopi juga tergantung dari cara penyajiannya. Sebab, saat ini secangkir kopi bisa juga ditambahkan dengan sejumlah bahan tambahan seperti sirup, gula, dan pemanis. 

Tapi, para ahli mengatakan bahwa kopi akan jauh lebih sehat bila dikonsumsi tanpa tambahan gula dan pemanis buatan. 

Lantas, apa yang terjadi ketika rutin minum kopi tanpa gula setiap hari?

Minum kopi tanpa gula setiap hari

Penelitian menunjukkan, minum secangkir kopi tanpa gula setiap hari dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit kronis.

"Kopi merupakan sumber vitamin B2 (riboflavin), magnesium, dan polifenol," kata ahli diet khusus di Orlando Kesehatan, Sara Riehm, dikutip dari Verywellfit (10/10/2023).

Polifenol merupakan senyawa bioaktif pada tanaman yang telah diketahui memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm