Ilustrasi wanita Jepang. Survei menunjukkan, sebagian besar wanita di Jepang tidak puas dengan pekerjaan rumah tangga suaminya.(PEXELS/SATOSHI HIRAYAMA)
Ilustrasi wanita Jepang. Survei menunjukkan, sebagian besar wanita di Jepang tidak puas dengan pekerjaan rumah tangga suaminya.(PEXELS/SATOSHI HIRAYAMA) ( KOMPAS.COM)

55,3 Persen Wanita Jepang Tak Puas dengan Suami, Apa Untuk Alasannya?

14 Januari 2024 21:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Lebih dari separuh wanita Jepang yang telah menikah mengaku tidak puas dengan pekerjaan rumah tangga suami dan menganggapnya sebagai kekurangan.

Pengakuan tersebut terungkap dari hasil jajak pendapat tahunan yang baru-baru ini dilakukan oleh lembaga penelitian swasta Jepang.

Menurut survei, lebih dari 15 persen melaporkan bahwa pasangan mereka tidak melakukan pekerjaan sehari-hari sama sekali.

Lebih dari setengahnya, atau 55,3 persen, istri di Jepang tidak senang dengan banyaknya pekerjaan yang dilakukan suami mereka di rumah.

Tak puas dengan pekerjaan rumah tangga suami

Shufu Job Shoken, sebuah lembaga penelitian swasta yang berbasis di Shinjuku, Tokyo, melakukan survei online terhadap wanita menikah yang ingin bekerja.

Dilansir dari Mainichi, Rabu (10/1/2024), sebanyak 510 wanita menjawab bahwa mereka sebagian besar bertanggung jawab terhadap pekerjaan rumah tangga atau hampir sama-sama bertanggung jawab.

Jajak pendapat meliputi pertanyaan, "Melihat ke belakang pada 2023, apakah suami Anda cukup berpartisipasi dalam pekerjaan rumah tangga dan mengasuh anak?"

Hasilnya, sebanyak 55,3 persen responden menyatakan tidak senang dengan tingkat bantuan suami dalam pekerjaan rumah tangga.

Kalau dirinci, 39,8 persen responden tidak puas dengan sedikitnya bantuan yang diberikan suami, sedangkan 15,5 persen tidak puas karena suaminya tidak melakukan apa pun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm