kaca film mobil listrik ICE-µ(IST)
kaca film mobil listrik ICE-µ(IST) ( KOMPAS.COM)

Pemasangan Untuk Kaca Film di Mobil Listrik Tidak Boleh Sembarangan

18 Januari 2024 20:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) merupakan hal baru di industri otomotif, terutama bagi masyarakat di Indonesia. Sebab, dari sisi penggunaan hingga perawatan jelas berbeda dengan mobil berbahan bakar alias mobil konvesional.

Perlakuan mobil listrik cenderung lebih detail, termasuk dalam pemasangan kaca film yang tidak boleh sembarangan. Dampaknya, kalau asal akan mempengaruhi sistem kelistrikan dan bisa berujung korslet.

Andi Setiawan, Presiden Direktur PT Global Auto International, sebagai pemegang merek kaca film ICE-µ di Indonesia, mengatakan teknisi yang memasang kaca film pada mobil listrik harus diedukasi karena perlakuannya berbeda dengan mobil konvesional.

"Jadi harus detail, mulai dashboard wajib ditutup oleh alat yang sudah kami kembangkan sendiri sehingga air tidak masuk ke dalam apalagi sampai ke baterai," ujar Andi di kawasan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (17/1/2024).

Menurut Andi, pemasangan kaca film itu membutuhkan air yang caranya disemprot ke permukaan kaca di bagian kabin. Apabila teknisi tidak teliti dan dashboard tidak dipasang alat khusus maka potensi air masuk ke dalam cukup besar.

"Kasus mobil listrik bermasalah setelah pasang kaca film itu kasusnya seperti itu, ada air yang masuk bahkan sampai ke bagian baterai. Tapi, kalau perlakuannya benar tidak akan eror atau bermasalah. Intinya pemasangan kaca film pada mobil listrik tidak bisa sembarangan," kata Andi.

Sebagai contoh, teknisi di ICE-µ sudah diberikan edukasi bagaimana cara memasang kaca film yang benar dan aman di mobil listrik. Alhasil sampai sejauh ini belum pernah ditemukan kegagalan atau permasalahan.

"Apalagi kami juga sudah dipercaya menjadi kaca film OEM pada sejumlah produsen yang menjual mobil listrik di Indonesia. Buktinya sampai sekarang aman-aman saja, karena teknisi dan standar operasional yang kami terapkan benar dan aman bagi konsumen," ujar Andi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemasangan Kaca Film di Mobil Listrik Tidak Boleh Sembarangan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2024/01/18/085200115/pemasangan-kaca-film-di-mobil-listrik-tidak-boleh-sembarangan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm