Banyak orang yang percaya bahwa makan malam bikin gemuk. Namun, tidak semata-mata makan malam bisa membuat gemuk. (Unsplash/Pablo Merchan)
Banyak orang yang percaya bahwa makan malam bikin gemuk. Namun, tidak semata-mata makan malam bisa membuat gemuk. (Unsplash/Pablo Merchan) ( KOMPAS.COM)

Benarkah Makan Malam Bikin Gemuk? Ini Untuk Penjelasannya...

1 Februari 2024 20:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Makan malam adalah waktu makan terakhir dalam sehari.

Banyak orang yang percaya bahwa makan malam bikin gemuk. Berikut artikel ini akan mengulasnya. 

Apakah makan malam bikin gemuk? 

Sebenarnya, makan malam tidak serta merta membuat membuat berat badan naik.

Melansir Medical News, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kenaikan berat badan, yakni:

  • Jumlah kalori yang dikonsumsi. Jika Anda mengonsumsi lebih banyak kalori daripada yang dibutuhkan tubuh, maka Anda akan mengalami kenaikan berat badan.
  • Jenis makanan yang dikonsumsi. Makanan yang tinggi kalori, lemak, dan gula akan lebih mudah menyebabkan kenaikan berat badan.
  • Frekuensi makan. Makan terlalu sering dapat meningkatkan asupan kalori dan risiko kenaikan berat badan.
  • Kegiatan fisik. Olahraga teratur dapat membantu membakar kalori dan mencegah kenaikan berat badan.

Tips makan malam sehat

Bila Anda ingin menghindari kenaikan berat badan, maka Anda perlu memperhatikan asupan kalori Anda secara keseluruhan, termasuk asupan kalori saat makan malam.

Anda juga perlu memilih jenis makanan yang sehat dan bergizi. Merangkum laman Health, berikut tips makan malam sehat agar berat badan tidak naik:

  • Pilihlah makanan yang kaya akan protein, serat, dan vitamin. Protein akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, serat akan membantu melancarkan pencernaan, dan vitamin akan mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.
  • Hindari makanan yang tinggi kalori, lemak, dan gula. Makanan-makanan ini dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan berbagai penyakit kronis.
  • Perhatikan ukuran porsi. Porsi yang terlalu besar dapat meningkatkan asupan kalori.
  • Jangan makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Berikan waktu yang cukup bagi tubuh untuk mencerna makanan sebelum tidur.

Rekomendasi makan malam sehat agar berat badan terkontrol

Makan malam yang sehat dan mendukung penurunan berat badan bukan tentang melewatkan makan, melainkan memilih menu yang cerdas dan mengenyangkan agar terhindar dari ngemil larut malam.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm