Alasan kopi bisa menurunkan berat badan.(SHUTTERSTOCK/Yulia Furman)
Alasan kopi bisa menurunkan berat badan.(SHUTTERSTOCK/Yulia Furman) ( KOMPAS.COM)

Menurut Studi, Segini Untuk Konsumsi Kopi untuk Menurunkan Berat Badan

3 Maret 2024 22:01 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Kopi adalah salah satu minuman yang populer dan dikenal dengan beragam manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaat yang paling banyak dicari dari minuman pahit ini adalah efek stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan konsentrasi.

Kandungan kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan metabolisme, energi, dan dapat mendukung upaya penurunan berat badan.

“Kopi, bila dikonsumsi dalam jumlah sedang dan tanpa terlalu banyak pemanis tambahan, dapat membantu menurunkan berat badan dan bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan,” kata ahli diet terdaftar di Preg Appetit, Ashley Shaw, dikutip dari Business Insider.

Lantas, berapa banyak kopi yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan?

Jumlah kopi untuk menurunkan berat badan

Dalam studi yang dilakukan oleh para peneliti di Harvard TH Chan School of Public Health menemukan, minum empat cangkir kopi setiap hari dapat menurunkan lemak tubuh sekitar 4 persen.

Dilansir dari Eat This, Not That, penelitian tersebut dilakukan selama 24 minggu dan melibatkan 126 orang dewasa yang kelebihan berat badan dan tidak sensitif terhadap insulin.

Para peserta diuji dengan masing-masing mengonsumsi empat cangkir minuman plasebo yang mirip dengan kopi atau empat cangkir kopi biasa.

Para ilmuwan menemukan bahwa empat cangkir kopi per hari dikaitkan dengan hilangnya lemak tubuh secara “sederhana”.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm