Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Bayu Krisnamurthi
Direktur Utama Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Bayu Krisnamurthi ( Dok. Bulog)

Bos Bulog: Harga Beras Akan Sulit Kembali ke Titik Semula Seperti Setahun Lalu...

19 Maret 2024 08:49 WIB

SonoraBangka.ID - Direktur Utama Perum Bulog Bayu Krisnamurti menyatakan harga beras akan sulit kembali ke harga setahun yang lalu yakni rata-rata nasional harga beras premium di Rp 12.500 per kilogram.

Hal menurut dia lantaran harga produksi gabah saja saat ini sudah melonjak naik. Adapun harga beras adalah dua kali lipat dari harga gabah.

“Saya tidak gembira mengatakan harga beras akan sulit untuk kembali ke titik semula seperti setahun yang lalu dan ini bukan sesuatu yang patut dibanggakan karena upah tenaga kerja yang jadi biaya produksi gabah itu naik. UMR kan naik berarti nanti upah tenaga kerja informal akan naik,”ujar Bayu dalam acara Bicara BUMN di Jakarta, Senin (18/3/2024).

Kemudian juga disusul karena naiknya harga sewa lahan beserta biaya pupuk. “Dengan kenaikan secara internasional kenaikan bahan bakar, maka pupuk juga naik. Jadi biaya-biaya produksi yang dihadapi oleh petani sudah naik,” kata Bayu.

“Jadi menurut saya kita harus juga melihat itu sebagai faktor yang realnya begitu dan tentu kita tidak senang, tidak gembira melihat itu, tapi faktanya demikian. Jadi oleh sebab itu, menurut perhitungan kami, di Bulog harga itu akan sulit untuk kembali ke titik semula seperti setahun yang lalu,” sambung Bayu.

Adapun harga beras per Senin (18/3/2024) saja, kompak naik untuk semua jenis beras. Seperti beras kualitas Medium I naik menjadi Rp 16.050 per kilogram, beras kualitas medium II naik menjadi Rp 15.800, beras kualitas super I naik mendi Rp 17.350 per kilogram.

Sebelumnya Ketua Umum Persatuan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) Sutarto Alimoeso juga mengatakan, harga beras memang sudah sepatutnya naik.

Hal itu lantaran biaya produksi beras mulai dari biaya sewa lahan, biaya pupuk, benih, pestisida hingga biaya distribusi beras sudah tinggi.

“Dengan melihat kondisi sekarang semua ongkos produksi naik, sewa tanah naik, ongkos angku naik, pupuk naik dan pestisida, nampaknya harga gabah sudah tidak ideal kalau bertahan di Rp 5.000 dan harga beras memang sudha seharusnya naik,” ujar Sutarto saat dihubungi, Selasa (5/3/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos Bulog: Harga Beras Akan Sulit Kembali ke Titik Semula Seperti Setahun Lalu...", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2024/03/19/050500326/bos-bulog--harga-beras-akan-sulit-kembali-ke-titik-semula-seperti-setahun-lalu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm