Ilustrasi garam, garam dapur.(PIXABAY/MAREK)
Ilustrasi garam, garam dapur.(PIXABAY/MAREK) ( KOMPAS.COM)

Jangan Kebanyakan, Ini Untuk Anjuran Konsumsi Garam Harian Menurut Kemenkes

30 Maret 2024 19:55 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Garam memang menjadi salah satu bahan masakan yang bisa ditemukan di dapur seluruh dunia.

Tak cuma ada di dapur, garam juga hampir selalu ada di dalam makanan yang kita santap sehari-hari.

Itu karena makanan membutuhkan cita rasa asin dari garam agar rasanya enak saat dicampur dengan bumbu lainnya.

Selain menambah cita rasa pada makanan, garam juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari Kompas.com (8/8/2022), garam bisa membantu fungsi tiroid, mencegah tekanan darah rendah, hingga mencegah hiponatremia atau keracunan air.

Meski begitu, konsumsi garam harian juga tidak boleh terlalu banyak karena bisa membahayakan kesehatan.

Kompas.com, Sabtu (30/3/2024) memberitakan bahwa terlalu banyak konsumsi garam bisa menyebabkan darah tinggi, retensi air, hingga dehidrasi.

Anjuran konsumsi garam harian menurut Kemenkes

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui anjuran konsumsi garam harian yang pas agar kadar garam dalam tubuh tetap seimbang.

Ternyata, anjuran konsumsi garam harian cukup sedikit. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), anjuran konsumsi garam harian adalah 5 gram atau satu sendok teh.

Agar tidak mengonsumsi garam berlebihan, salah satu caranya bisa dilakukan dengan mengecek daftar angka kebutuhan gizi saat hendak membeli makanan.

Beberapa makanan yang sudah mengandung garam tinggi, sebaiknya dihindari karena tubuh masih akan mendapat asupan garam dari makanan lain.

Selain itu, minum cukup air untuk membantu tubuh melarutkan kadar natrium yang berlebihan dalam tubuh.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Kebanyakan, Ini Anjuran Konsumsi Garam Harian Menurut Kemenkes", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/03/30/153100675/jangan-kebanyakan-ini-anjuran-konsumsi-garam-harian-menurut-kemenkes.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm