Buah dan sayur yang bisa memperpanjang umur.(Dok. Unsplash/Char Beck)
Buah dan sayur yang bisa memperpanjang umur.(Dok. Unsplash/Char Beck) ( KOMPAS.COM)

11 Buah serta Sayuran Berikut Bisa Memperpanjang Umur, Termasuk Alpukat

25 April 2024 19:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Studi mengungkapkan, selain faktor genetika, pola makan sehat dengan rutin konsumsi buah dan sayuran ternyata bisa memperpanjang umur seseorang.

Umumnya, makanan yang memperpanjang umur adalah makanan yang mengandung berbagai nutrisi, antioksidan, dan senyawa bioaktif.

Kandungan tersebut mampu membantu tubuh melawan penyakit terkait usia, seperti stres, jantung, penurunan kognitif, dan peradangan.

Dilansir dari Harvard T H Chan, studi yang dilakukan peneliti di Departemen Nutrisi Harvard Dong Wang pada 2020 menunjukkan, konsumsi dua porsi buah dan tiga porsi sayuran setiap hari mampu memperpanjang umur.

Penelitian ini melibatkan lebih dari 100.000 responden perempuan dan laki-laki selama 30 tahun.

Lantas, apa saja buah dan sayuran yang bisa memperpanjang umur?

11 buah dan sayur yang bisa memperpanjang umur

Segala jenis buah dan sayur sebenarnya bisa memperpanjang umur. Namun, ada sejumlah buah dan sayur yang memiliki nutrisi, antioksidan, dan senyawa bioaktif lebih tinggi dibandingkan yang lainnya.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut 11 jenis buah dan sayur yang bisa membantu memperpanjang umur:

Kubis ungu

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm