Minum kopi saat perut kosong.(SHUTTERSTOCK/Yulia Furman)
Minum kopi saat perut kosong.(SHUTTERSTOCK/Yulia Furman) ( KOMPAS.COM)

Apa yang Akan Terjadi pada Tubuh Saat Minum Kopi Sebelum Makan Terlebih Dahulu?

7 Mei 2024 20:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Menyesap kopi di pagi hari adalah rutinitas pagi banyak orang yang tak pernah terlupa.

Kebanyakan orang minum kopi saat makan pagi, dan sebagian lagi menikmati kopi sebelum waktu sarapan atau segera setelah terbangun dari tidur.

Hal ini dilakukan lantaran kopi kaya akan kafein, sehingga akan diseduh untuk menghilangkan kantuk dan meningkatkan suasana hati serta kewaspadaan.

Lantas, apa yang akan terjadi pada tubuh saat kita minum kopi tanpa makan terlebih dahulu?

Minum kopi dalam kondisi perut kosong

Beberapa penelitian menyatakan, seseorang yang memulai hari mereka dengan secangkir kopi, baik itu espresso, cappucino, atau pun latte, dapat memengaruhi kemampuan alami tubuh dalam menjalankan fungsinya.

Dilansir dari Tasting Table, ahli gizi Carlyn Rosenblum mengatakan, minum kopi di pagi hari sebelum makan apa pun dapat mengganggu fungsi reguler kortisol.

Dalam beberapa kasus, minum kopi dalam kondisi perut kosong dapat menyebabkan kortisol melonjak pada waktu yang tidak terduga.

Kemudian, kata Rosenblum, dalam kasus lain, kondisi tersebut juga dapat menciptakan situasi di mana tingkat kortisol (tingkat stres) akan terus tinggi sepanjang hari.

Dampaknya, minum kopi sebelum makan apapun terlebih dahulu dapat menyebabkan kekurangan energi, kabut otak, dan keinginan untuk mengonsumsi makanan manis yang mengandung karbohidrat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm