Ilustrasi perempuan yang lelah(Freepik.com)
Ilustrasi perempuan yang lelah(Freepik.com) ( KOMPAS.COM)

Kebiasaan Sehari-hari yang Sering Menguras 90 Persen Kebahagiaan Kita

27 Mei 2024 18:59 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Kebahagiaan adalah sesuatu yang sering kita cari-cari, namun ternyata banyak dari kita yang justru melakukan kebiasaan-kebiasaan yang secara tidak sadar menguras sebagian besar kebahagiaan kita.

Berikut adalah sepuluh kebiasaan yang sering kali merampas 90 persen kebahagiaan kita.

1. Terlalu fokus pada bagaimana hidup "seharusnya” berjalan

Banyak orang memiliki gambaran ideal tentang bagaimana hidup mereka seharusnya berjalan. Mereka memiliki harapan tinggi dan berusaha keras agar segala sesuatunya berjalan sesuai rencana.

Tapi, kenyataannya, hidup sering kali penuh dengan kejutan dan hal-hal yang tak terduga. Terlalu fokus pada ekspektasi ini bisa membuat kita merasa kecewa dan frustrasi ketika kenyataan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Alih-alih terpaku pda harapan, cobalah menikmati setiap momen apa adanya dan terbuka pada kemungkinan-kemungkinan baru.

2. Ingin mengontrol hal-hal yang tidak bisa dikendalikan

Kita sering kali merasa perlu mengendalikan segala sesuatu di sekitar kita, mulai dari cuaca, keputusan orang lain, hingga nasib. Padahal, ada banyak hal yang berada di luar kendali kita.

Ketika kita terus-menerus mencoba mengendalikan yang tak bisa dikendalikan, kita cuma akan merasa stres dan cemas. Lebih baik, fokuskan energi kita pada hal-hal yang bisa kita kendalikan, seperti sikap dan reaksi kita terhadap situasi atau kejadian tertentu.

3. Terlalu melekat pada masa lalu

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm