Ilustrasi obesitas atau kelebihan berat badan(Shutterstock/Fuss Sergey)
Ilustrasi obesitas atau kelebihan berat badan(Shutterstock/Fuss Sergey) ( KOMPAS.COM)

Apa Indikator Orang Gemuk Disebut Obesitas? Simak Untuk Tandanya Berikut Ini

8 Juni 2024 20:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Kelebihan berat badan dan obesitas adalah kondisi yang didefinisikan sebagai peningkatan ukuran dan jumlah sel lemak dalam tubuh.

Kondisi tersebut disebabkan oleh banyak faktor termasuk seperti pola makan, kurang tidur, aktivitas fisik, obat-obatan tertentu, serta genetika dan riwayat keluarga.

Obesitas adalah kondisi kesehatan kronis yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan terkait dengan banyak masalah kesehatan lainnya, termasuk diabetes tipe 2 dan kanker.

Umumnya, indeks massa tubuh digunakan untuk menentukan seseorang memiliki berat badan normal atau mengalami kelebihan berat badan dan obesitas, khususnya pada orang dewasa.

Apa itu indeks massa tubuh?

Indeks massa tubuh adalah ukuran lemak tubuh berdasarkan tinggi dan berat badan dan didefinisikan sebagai ukuran berat badan seseorang dalam kilogram dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam meter.

Menurut National Heart, Lung, and Blood Institute NIH, indeks massa tubuh adalah perkiraan lemak tubuh dan dapat digunakan untuk mengukur risiko penyakit yang dapat terjadi karena banyaknya lemak tubuh.

Semakin tinggi indeks massa tubuh, semakin tinggi risiko Anda terkena penyakit tertentu seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan lain-lain.

Indikator ini juga menjadi metode skrining yang mudah untuk kategori berat badan, baik itu berat badan kurang, berat badan sehat, kelebihan berat badan, dan obesitas.

Walau menjadi indikator berat badan, tapi ia bukan alat untuk mendiagnosis kegemukan tubuh atau kesehatan seseorang.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm